18.696 KK di Minahasa Terima BLT-DD, Bupati Roring Serahkan Secara Simbolis

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten MInahasa, mulai disalurkan. Anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu diserahkan secara simbolis Jumat (8/5), oleh Bupati Minahasa DR. Ir. Royke O. Roring, M.Si, di Desa Kembuan Satu, Kecamatan Tondano Utara.

Acara ini dihadiri Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo, mewakili Kejari Tondano Kasie Intel Nuprianto Sibombing, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R. Muntu, S.Sos, Asisten Satu Denny Mangala, Kadis Pemberadayaan Masyarakat Desa (PMD) Jefry Tangkulung, Camat Tondano Utara Ivone Wilar, sebagian jajaran Pemkab Minahasa, dan Hukum Tua (Kepala Desa) Desa setempat.

Data penerima BLT untuk Kecamatan Tondano Utara, yakni Desa Tonsea Lama dengan jumlah penerima 104 Keluarga, Desa kembuan 100 Keluarga, Desa Kembuan Satu 66 Keluarga. Bantuan diserahkan secara non tunai lewat Bank Sulutgo.

Laporan Kadis PMD Jefry Tangkulung, Dana Desa 2020 ini dibagi dalam 3 tahap pengerjaan dan di dalamnya adalah Bantuan Langsung Tunai. Saat ini ada tiga kebijakan dari Menteri Desa dalam penganggaran Dana Desa, yakni kegiatan padat karya tunai, penanggulangan Covid-19, dan bantuan langsung tunai. Penerima BLT se-Kabupaten Minahasa berjumlah 18.696 Keluarga.

Dalam sambutan, Bupati Minahasa menyampaikan bahwa menghadapi pandemi Covid-19, Pemkab Minahasa berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat yakni Presiden dan Wakil Presiden, juga dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara yang selalu melihat kesengsaraan rakyat.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa bersyukur ada perhatian dari pemerintah pusat yakni Pak Presiden dan Pak Wakil Presiden. Ketika warga ada dalam situasi-situasi ini, langsung dianggarkan bantuannya. Selain dari pemerintah pusat, Kabupaten Minahasa mendapat perhatian pemerintah provinsi di bawah pemerintahan Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” ungkapnya.

Bupati ROR berharap BLT yang disalurkan di setiap desa se-Kabupaten Minahasa dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan di setiap keluarga.

“Jangan disalahgunakan karena jika salah gunakan maka bantuan ini tidak akan diberikan ke penerima awal namun akan dialihkan ke warga yang betul-betul membutuhkan,” tegas Bupati Roring.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Pemkab Minahasa menganggarkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Minahasa sebesar Rp 59 miliar. Ini untuk dipergunakan pada Bidang Kesehatan dan Bantuan Sosial. (Kelly Korengkeng)