328.539 Masuk DPT Pilwako Manado

MANGUNINEWS.COM, Manado – KPU Kota Manado telah menetapkan, sebanyak 328.539 warga masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Pilkada 9 Desember 2020, yang disahkan dalam rapat pleno KPU Manado, Jumat (16/10/2020) dini hari.

Sebelum ditetapkan DPT, rapat berlangsung agak panas. Pihak Bawaslu Manado terdiri dari Marwan Kawinda, Taufik Bilfaqih dan Heard Runtuwene berkali kali mempertanyakan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Namun akhirnya Bawaslu menerima DPT meski ada catatan yang harus dilakukan KPU.

“Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang awalnya berjumlah 327.739 Pemilih, akhirnya mengalami kenaikan menjadi 328.539 Pemilih Tetap,” beber Komisioner KPU Manado Abdul Gafur Subaer.

Menurut Gafur, data ini sudah final dan jika ditelusuri dalam regulasi tidak ada lagi tahapan perubahan terkecuali rekomendasi dari Bawaslu Republik Indonesia (RI).

“Setelah ini masih ada tahapan selanjutnya DPPh yakni Pindah Memilih untuk masyarakat yang pada saat hari pencoblosan tidak berada di domisilinya, dan itu bisa setelah tahapan DPT,” ujarnya.

Kemudian lagi, KPU masih berfokus untuk mengakomodir masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih.

”Untuk itu KPU akan masukkan kedalam Form. ATb yakni pada Pemilih Tambahan dengan bersama pihak pengawas untuk memastikannya. (Kharisma)