Bangun Karakter Bangsa, Para Tenaga Pendidik Tomohon Ditempa Materi 4 Pilar MPR RI

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Fungsi pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi sesungguhnya juga membangun karakter bangsa.

Hal itu disampaikan Anggota Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Ir. Stefanus B.A.N. Liow, M.A.P., dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Anugerah Hall, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/9).

Liow mengatakan, tugas memasyarakatkan pilar-pilar utama negara itu, menjadi tugas semua komponen bangsa, termasuk para guru/pendidik.

“Oleh karena itu, MPR RI memandang bahwa guru/tenaga pendidik memiliki peran sangat penting dan strategis dalam pembangunan karakter bangsa,” kata Liow dihadapan tiga ratusan peserta, yang terdiri dari kepala sekolah dan guru mulai PAUD/TK, SD dan SMP se-Kota Tomohon.

“Melalui pengajaran sejak dini kepada pelajar dan generasi muda, pembentukan karakter bangsa sebagaimana penjabaran dari Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, akan lebih cepat terwujud,” lanjutnya.

Sementara, menurut Anggota Badan Sosialisasi MPR RI, Ajbar, yang mendampingi Liow sebagai narasumber, mengatakan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, harus menjadi jiwa yang menginspirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diketahui, acara sosialisasi ini dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes, M.Si.

Karwur yang juga bertindak sebagai moderator, merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan Pimpinan dan Setjen MPR RI.

“Dimana kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman bagi para guru/pendidik, untuk senantiasa menjunjung nilai-nilai luhur bangsa,” ungkapnya.

Senada, pihak PGRI Kota Tomohon, Drs. Jantje Mangore, M.Pd., mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Tomohon. (Anugrah Pandey)