Optimalkan Pelayanan, Samsat Tondano Terapkan Protokol Kesehatan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Pelayanan prima terus ditunjukkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut melalui Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Sistematis Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Tondano. Itu terlihat dari sejumlah terobosan yang terus digencarkan Kepala UPTD Tondano, Chres Mingkid.

“Pelayanan kami buka dengan protap Covid-19. Hal ini dilakukan guna mewujudkan pelayanan prima Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” ujar Kepala Bapenda Sulut, Olvie Ateng melalui Kepala UPTD Samsat Tondano, Chres Mingkid.

Dikatakan Mingkid, untuk pelayanan kali ini difokuskan di Kantor UPTD Samsat Tondano.

“Jadi untuk pelayanan Samsat keliling dan outlet Pineleng untuk hari ini kami alihkan ke Kantor UPTD. Nanti esok baru kembali beraktivitas seperti biasa,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya menyediakan tiga lokasi pelayanan bagi para wajib pajak. Hal ini dilakukan guna menghindari penumpukan orang.

“Titik pertama di dalam kantor dengan pelayanan pajak tahunan dan pajak lima tahunan atau pergantian STNK dan plat nomor. Pelayanan ini juga dibantu di titik dua dengan menggunakan fasilitas samsat keliling,” jelas Mingkid.

“Sementara di titik tiga ada pelayanan untuk pembayaran pajak online. Jadi, bagi para wajib pajak yang sudah membayar online tinggal menukar dengan STNK,” terangnya.

Dalam pantauan, terlihat juga para petugas lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan thermo gun atau alat pengukur suhu. Selain itu, pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan bagi para pengunjung.

“Kami juga membatasi untuk pembayar pajak dalam gedung hanya 15 orang. Dan untuk antrian wajib menjaga jarak,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, kepada para wajib pajak yang akan berkunjung untuk menggunakan masker.

“Kami ketat dalam hal ini. Seluruh pengunjung wajib menggunakan masker. Juga kami berharap untuk yang akan mengurus pajak tidak datang bergerombol. Misalnya untuk satu kendaraan hanya satu orang yang mengurus,” imbaunya.

Selebihnya, Mingkid mengapresiasi masyarakat Kabupaten Minahasa yang sudah antusias menyambut pelayanan di UPTD Samsat Tondano.

“Kami mengapresiasi warga wajib pajak yang sudah menyambut antusias pelayanan ini. Kita berdoa bersama agar wabah ini cepat berlalu,” tandasnya.

Sebagai informasi, pelayanan ini akan berlangsung sampai 13 Mei 2020, dengan jam operasi 09.00 WITA- 12.00 WITA. (Kharism