Ada Pengacara Positif Covid-19, Penghuni PN Airmadidi Rapid Test

MANGUNINEWS.COM, Airmadidi – Menyeruak kabar di masyarakat, ada pegawai Pengadilan Negeri (PN) Airmadidi  yang terinfeksi virus corona (Covid-19). Memastikan itu, PN Airmadi melakukan Rapid Test Covid-19.

“Hasil dari rapid test hari ini, Selasa (14/4), dari 31 orang yang diperiksa, menurut laporan tim pemeriksa dari Dinas Kesehatan Minahasa Utara adalah semuanya non reaktif Covid-19. Dan sesuai protokol, rapid test akan dilaksanakan untuk kedua kalinya setelah 10 sampai 14 hari ke depan,” kata Ketua PN Airmadidi, H. Mohamad Sholeh, SH., MH.

“Pelaksanaan rapid test semata untuk memenuhi protokol dan memberikan keyakinan bahwa lingkungan dan aparat PN Airmadidi bebas Covid-19, agar masyarakat tidak perlu khawatir meminta pelayanan atau bersidang di PN Airmadidi,” ungkap Sholeh.

Dijelaskannya, PN Airmadidi tetap akan melaksanakan pelayanan pengadilan sesuai protokol kesehatan dalam penanganan penyebaran Covid-19.

“Oleh karena itu, PN Airmadidi telah melaksanakan pelayanan pengadilan dalam kondisi darurat Covid-19 ini sesuai dengan protokol kesehatan dan Peraturan MA Nomor 1 tahun 2020, yaitu dengan menyediakan tempat cuci tangan, membatasi tempat duduk (phisical distance), teleconference, dan penyemprotan desinfektan secara teratur,” ujarnya.

“Masyarakat tetap tenang dan mentaati kebijakan pemerintah. Terkait agenda sidang, kalau merasa ada gangguan kesehatan, selama masa tanggap darurat ini diberikan dispensasi penundaan atau supaya memanfaatkan media elektronik yang sudah diaplikasikan,” pinta Sholeh.

Diketahui, sebelumnya telah beredar informasi tentang seorang pengacara yang sempat beraktivitas di PN Airmadidi dan belakangan dia dinyatakan positif Covid-19. Mengklarifikasi informasi tersebut, Sholeh menjelaskan, pengacara dimaksud terakhir ke PN Airmadidi pada hari Jumat (20/3). Itu sebelum ia dikarantina pertama kali, bukan sesudah keluar karantina.

“Bahwa setelah persidangan tanggal 20 Maret 2020 tersebut, PN Airmadidi telah melakukan semprot ulang lingkungan kantor, karantina mandiri pegawai yang sempat kontak dengan PH yang bersangkutan selama 14 hari sesuai protokol, dan tidak ada pegawai yang mengeluhkan gejala Covid-19,” pungkas Ketua PN Airmadidi seraya mengajak masyarakat bersama lawan Covid-19 dengan menjaga gaya hidup bersih dan jaga jarak aman.

Diketahui, rapid test tersebut diikuti juga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Utara (Minut) Ir Jemmy H Kuhu dan anggota Kepolisian Resor (Polres) Minut, Bripka Jerry Tumundo (polisi yang membantu memakamkan jenazah positif Covid-19 di Minut) serta beberapa penasehat hukum atau advokat yang sempat kontak di PN Airmadidi. (Tim Man)