Akpol 99 di Polda Jatim Bagikan Bantuan ke Warga Membutuhkan

MANGUNIPOST.COM, Trenggalek – Alumni Endra Dharmalaksana Akpol tahun 1999 secara khusus menggelar gerakan Polri Peduli COVID-19 guna membantu warga ditengah Pandemi Covid-19.

Gerakan yang dibalut dalam aksi Bakti sosial yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek itu juga dihadiri Bupati Trenggalek M Nur Arifin, dan Dandim 0806 Letkol Inf Dodik Novianto.

Alumni Endra Dharmalaksana Akpol tahun 1999 diwakili Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn menyalurkan bantuan beras kepada warga kurang mampu, tukang becak, ojek pangkalan serta pekerja informal.

“Bakti sosial ini kami selenggarakan memperingati 20 tahun pengabdian Endra Dharmalaksana Akpol tahun 1999 di seluruh nusantara,” katanya, Kamis (21/5/2020).

Calvijn menambahkan, secara teknis dalam pembagian beras kepada warga, mereka yang sudah didata sebelumnya diberikan kartu khusus yang digunakan untuk mengambil beras di ATM Beras. Kartu tersebut nantinya akan ditempel ke panel yang telah disediakan dan beras otomatis akan keluar dengan sendirinya.

“Untuk pembagiannya kami jadikan menjadi dua waktu, yakni pagi dan siang. Kenapa kita buat seperti itu, karena kami menerapkan physical distancing dan sudah tidak terjadi kerumunan serta teratur,” imbuh Calvijn.

Selain menggunakan ATM Beras, bantuan juga diberikan secara door to door kepada warga yang membutuhkan hingga pelosok kampung, dengan menggandeng Bhabinkamtibmas maupun unsur tiga pilar di tingkat desa, di 14 Kecamatan se-Kabupaten Trenggalek.

Tak berhenti di situ, sebagai bentuk rasa syukur, AKBP Jean Calvijn bersilaturahmi ke sejumlah tokoh agama dan pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek. Di antaranya KH Abdul Fatah Mu’in dan KH Sabik Mu’in yang merupakan pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Babul Ulum Durenan.

“Mohon doa restu para tokoh agama agar kami alumni Endra Dharmalaksana Akpol tahun 1999 dalam menjalankan tugas dan mengabdi untuk negeri diberikan kesehatan dan keselamatan serta selalu dalam lindungan-Nya,” terang Calvijn.

Pihaknya berharap, bakti sosial ini sedikit banyak dapat membantu dan meringankan beban warga, di tengah pandemi COVID-19.