Akui Masih Relatif Rendah, Supit Beber Realisasi PBB-P2 di Tomut Baru 23,21 Persen

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibawa kepemimpinan Wali Kota Caroll Senduk, S.H., dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut, S.E., tengah menggenjot pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2). Perlu diketahui, masa jatuh tempo PBB tahun ini adalah 31 Oktober 2021.

Sehingga berbagai upaya diharapkan dapat dilakukan oleh aparatur pemerintah, untuk terus mengimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.

“Dalam pelaksanaan pemungutan PBB-P2 di Tomohon didukung dengan Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 3 Tahun 2013 tentang PBB-P2 dan Peraturan Wali Kota Tomohon Nomor 38 Tahun 2017 tentang tata cara pembayaran, penyetoran dan tempat pembayaran angsuran dan penundaan pembayaran PBB-P2,” jelas Senduk.

Merespons hal itu, Camat Tomohon Utara, Fredy Supit, S.E., mengungkapkan pihaknya sudah memberikan penegasan sejak beberapa hari yang lalu ke masing-masing lurah untuk disampaikan kepada masyarakat tentang pelunasan PBB-P2.

“Ini sudah triwulan ke empat di tahun berjalan. Target sudah ditetapkan dengan wajib pajak yang sudah diserahi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) itu wajib. Tidak ada alasan untuk tidak membayar. Sehingga target di tahun 2021 ini memang harus 100 persen,” ujarnya.

Namun, Supit mengakui untuk capaian yang ditorehkan oleh pihaknya masih terbilang relatif rendah.

“Memang kami mengakui untuk capaian yang dicapai oleh Kecamatan Tomohon Utara ini masih relatif rendah. Untuk realisasi pembayaran per 4 Oktober 2021 baru sekitar 23,21 persen (red,Rp 515.899.532),” terangnya.

Menurut mantan Sekretaris Kecamatan Tomohon Barat itu, hal ini tergantung tingkat kesadaran masyarakat.

“Tinggal bagaimana itu kami ukur dari tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar. Kalau masyarakat wajib pajak itu membayar dengan tingkat kesadaran yang tinggi, tentunya apa yang kita targetkan yaitu 100 persen pasti terlaksana. Tapi kami tetap optimis mengimbau kepada masyarakat untuk membayar PBB-P2,” tukasnya.

Diketahui, untuk total penetapan pajak di Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) berjumlah Rp 2.222.282.185.

Penulis: Anugrah Pandey