Amankan SMSI GMIM, Kapolres Tomohon Kerahkan 119 Personil di 8 Titik Gereja

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Dalam rangka mengamankam Sidang Majelis Sinode Istimewa (SMSI) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) ke-80, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tomohon, AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK., mengerahkan 119 personil Polres Tomohon di 8 titik gereja yang melaksanakan SMSI yang berpusat di Gereja Imanuel Leilem.

“Sesuai dengan kiat-kiat yang sudah disusun, kami juga ditambah dengan 22 orang dari BKO Brimob, untuk pengamanan mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak kita inginkan,” ujarnya kepada media ini, di ruang kerjanya.

Lanjut Kapolres, prinsip dari pihaknya hanya mengamankan kegiatan masyarakat, agar dapat berlangsung dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Jadi kita harapkan seluruh masyarakat dapat memahami kegiatan tersebut, dan biarkan internal gereja untuk menyelesaikan semua permasalahan yang akan dibahas dalam sidang tersebut,” pintahnya.

Menanggapi sidang yang diwarnai demonstrasi oleh sekelompok pemuda GMIM tadi, Kapolres mengatakan sudah diberikan pengertian, bahwa apa yang mereka aspirasikan itu sudah ada mekanismenya ditata gereja itu sendiri.

“Jadi kami tidak masuk ke dalam ranah tersebut. Tapi ketika menyangkut tindak pidana, seperti perusakan kemudian mengganggu ketertiban, tentu itu akan menjadi tugas dari kepolisian untuk mengamankan,” tutupnya.

Diketahui, SMSI GMIM resmi dibuka hari ini, Senin (29/3), di Gereja GMIM Imanuel Leilem, Wilayah Sonder, Kabupaten Minahasa, oleh Gubernur Sulawesi Utara Sulut, Olly Dondokambey, S.E.

Penulis: Anugrah Pandey