Andalkan Sektor Pertanian, Pemkot Tomohon Beri Bantuan Alsintan ke Petani

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Pemerintah Kota (Kota) Tomohon terus mengandalkan sektor pertanian guna menopang perekonomian nasional maupun daerah. Hal itu dikatakan Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk usai pelantikan Asosiasi Petani Wawo Raya dan pengukuhan Kelompok Tani (Poktan) Milenial, di Perkebunan Wawo, Kelurahan Matani II, Jumat (23/4).

Wali Kota pun mengucapkan selamat sembari mengharapkan kepengurusan ini dapat mengemban amanah mengelola serta membina asosiasi dan poktan, demi kesejahteraan petani di kota Tomohon.

Dalam kesempatan itu juga, Pemkot Tomohon memberikan perhatian dan dukungan kepada petani, berupa bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Lanjutnya, ini selaras dengan program unggulan Caroll-Wenny dalam peningkatan hasil-hasil produksi pertanian melalui mekanisasi alat-alat pertanian.

“Saya berharap bantuan Alsintan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, untuk membangun ekonomi masyarakat dengan menumbuh kembangkan usaha pertanian yang berwawasan lingkungan dan dengan terobosan peningkatan minat generasi muda dalam bidang pertanian,” pintahnya.

Ia mengingatkan, agar para penyuluh pertanian memberikan edukasi kepada para petani, tentang pengelolaan pupuk organik serta penggunaannya. Menurutnya, ini salah satu cara pengurangan penggunaan pupuk kimia.

“Saya juga berharap agar Asosiasi Petani Wawo Raya dan Poktan Milenial, benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran. Karena dalam meningkatkan pertanian, maka kita diharapkan untuk tetap bekerja sama dan sama-sama bekerja bagi peningkatan perekonomian para petani dan masyarakat,” kuncinya.

Penulis: Anugrah Pandey