Anggaran Kendaraan Sampah Desa Rumengkor Satu Dialihkan ke Bansos

MANGUNINEWS.COM, Tombulu – Pandemi Covid-19 (virus corona) membuat Pemerintah Desa (Pemdes) Rumengkor Satu, Kecamatan Tombulu, kian peduli terhadap masyarakatnya. Merespon pembatasan aktivitas warga, pengadaan bantuan sosial (Bansos) pun terus diupayakan.

Teranyar, Pemdes berencana akan salurkan bansos bagi keluarga yang belum tersentuh bantuan dari Pemerintah Kabupaten (pemkab) Minahasa. Bantuan juga akan diberikan kepada anak disabilitas.

Konsekwensi kebijakan yang diambil Pemdes Rumengkor Satu, mengalokasikan anggaran belanja kendaraan sampah sebesar Rp162 juta ke pengadaan sembako.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa melalui Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa, Stefanus Karundeng. “Pemdes akan mengalokasikan anggaran pembelian kendaraan sampah ke bantuan sembako. Tinggal menunggu arahan dari pemkab. Jadi yang pasti tu kendaraan sampah itu so nda jadi,” ungkap Karundeng di sela-sela pelaksanaan kegiatan pengamanan desa, Senin (13/4) kemarin.

Dikatakannya, data penerima sudah dikirim ke pemerintah kecamatan, dan direncanakan bantuan itu akan disalurkan pada minggu depan. Data yang diusulkan 31 kepala keluarga (KK). Diprioritas keluarga kurang mampu dan 7 anak disabilitas.

“Sekitar jam dua siang, lewat WA (whatsupp, red) langsung dengan camat. Kita so kirim data penerima dalam bentuk PDF (Portable Ducument Format, red) tadi pa camat, yang nantinya dari camat akan meneruskan data itu ke Dinas Sosial. Data yang diusulkan, 31 KK yang tergolong kurang mampu dan 7 anak disabilitas,” pungkas Karundeng.

Sesuai informasi yang diperoleh, data keseluruhan untuk penerima bansos dari Pemkab Minahasa di Rumengkor Satu, Total 106 KK dengan perincian 78 KK dari data sebelumnya, dan data yang diusulkan saat ini 31 KK ditambah 7 anak disabilitas. (Tim Man)