Anggaran Penanganan Covid-19 Sentuh Rp 404 M, Pemerintah Diminta Ada Sinergitas

MANGUNINEWS.COM, Manado – Besaran anggaran untuk penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) diketuk. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan kabupaten kota berhasil mengumpulkan sebanyak Rp404 miliar. Wakil rakyat pun meminta agar komunikasi dapat intens dilakukan.

Desakan tersebut datang dari Wakil Ketua DPRD Sulut, Billy Lombok. Ia mengatakan, kabar yang beredar bahwa Pemprov tidak peduli terhadap penanganan Covid-19, akhirnya terjawab. Dana untuk masalah pandemi ini total secara keseluruhan diberikan Pemprov sebanyak Rp96 miliar.

“Kalau total semua digabungkan dengan kabupaten kota, sebesar Rp404 miliar,” ungkapnya, baru-baru ini, saat diwawancarai.

Maka dari itu ia mengimbau, sudah menjadi bagian tugas pemerintah kabupaten kota dan provinsi untuk saling berkoordinasi. Menurutnya, harus menghentikan aksi saling menyalahkan. “Lebih baik saling meningkatkan komunikasi supaya berkat ini bisa mengalir buat masyarakat,” pungkasnya.

Ia juag mengimbau agar mekanisme yang sudah ditetapkan dalam peraturan gubernur supaya dijalankan. Misalnya mempercayakan aparatur desa dalam membantu menangani dampak dari Covid-19. “Jadi misalnya mempercayakan aparat desa untuk menyampaikan masyarakat terdampak supaya bisa dibantu,” kuncinya. (Tim Man)