Antisipasi Masker Langka, Dinkes Warning Apotik di Minahasa

133
Maya Rambitan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Teror virus Coronavirus Disease (COVID-19) ikut berdampak pada ketersediaan masker di berbagai daerah di Indonesia. Sederet langkah antisipasi pun digencarkan pemerintah. Gerak sigap itu juga ditunjukkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Maya Rambitan saat ditemui di Kantor Bupati Minahasa, Rabu (4/3), tak menampik hal ini.

“Isu virus corona memang telah berdampak langsung terhadap kelangkaan masker saat ini. Tentu saja kami senang, karena ini menandakan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat sudah baik,” ungkap Rambitan.

Meski begitu, pihaknya dengan tegas menghimbau kepada seluruh apotik di Kabupaten Minahasa untuk tidak dengan sengaja melakukan penimbunan masker.

“Kami himbau kepada seluruh apotik di lingkup Kabupaten Minahasa untuk jangan main-main dengan sengaja menimbun masker hanya untuk kepentingan bisnis. Ingat, kesehatan masyarakat harus jadi prioritas. Selain masker juga hand sanitizer,” tegasnya.

Diakui Rambitan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk melakukan pengadaan masker untuk disebarkan kepada masyarakat.

“Kami sementara berupaya untuk pengadaan masker. Tentu kami selalu berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Minahasa yang sehat sesuai dengan program Bupati dan Wakil Bupati Minahasa,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat Minahasa untuk terus menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

“Harus memperkuat daya tahan tubuh, karena manusia akan  terkena virus kalau daya tahan rendah. Kuncinya harus terapkan PHBS dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),” tuntasnya. (Kharisma)