Apresiasi TNI, Selfie: Mereka Sudah Kami Anggap Seperti Keluarga Sendiri

MANGUNINEWS.COM, Langowan Utara – Rumah-rumah warga menjadi tempat tinggal anggota satuan tugas (Satgas) program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108, Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa. Ini cara untuk mempererat hubungan kebersamaan dengan masyarakat.

Sering anggota TNI membantu pemilik rumah, salah satunya memasak makanan di dapur. Selama pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 1302/Minahasa di Desa Tempang Tiga, Kecamatan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa, personel satgas yang tinggal di rumah warga, berbaur seakan mereka mendapatkan  keluarga baru.

Dari informasi yang diperoleh di lokasi TMMD, Selasa (14/7), warga setempat merasa mendapatkan kehormatan karena rumahnya dijadikan tempat tinggal bagi pasukan TNI yang bertugas di desa mereka.

Salah satunya dirasakan Prada Efri, yang tinggal di rumah Keluarga Selfie Pai (59). Diakui, prajurit yang satu ini tidak segan-segan membantu ibu yang sudah mempunyai 5 orang cucu itu. Menurutnya, para prajurit sudah menganggap rumah yang mereka tinggali adalah rumah mereka sendiri.

“Alhamdulilah, masyarakat di sini menerima kami dengan baik di rumah dan kami diperkanankan tinggal di rumah mereka. Kami telah menganggap setiap rumah yang kami tinggali di situ adalah keluarga kami, sehingga kami lebih menyatu dengan warga setempat,” kata Prada Efri.

“Tak hanya itu, selama kami tinggal di rumah Ibu Selfie, kami merasa nyaman dan dianggap menjadi bagian dari keluarga ini. Sehingga kami juga tidak sungkan untuk membantunya di dapur, terutama dalam hal memasak. Hal itu membuat hubungan TNI dan warga semakin erat terjalin selama pelaksanaan TMMD,” ungkapnya.

Kegembiraan warga menyambut para prajurit TNI di desa mereka, ikut diungkapkan Selfie Pai.

“Sejak kedatangan anggota satgas TMMD di desa ini, kami merasa TNI itu betul-betul dekat dengan rakyat. Mereka bisa berbaur dengan baik bersama warga di sini. Kami juga merasa senang dan bahagia karena desa kami menjadi ramai, khususnya di rumah kami,” ungkap Selfie.

“Tak hanya itu, kita juga saling bertukar pengalaman karena mereka yang datang dari daerah yang berbeda-beda. Terkadang kami juga merasa sungkan karena kedisiplinannya, antara lain selalu menjaga kebersihan rumah kami,” tutur Selfie. (Kelly Korengkeng)