Audiensi Bersama Bupati Kumendong, ISPF Sulut Bahasa Kejuaraan Gulat Tangan di Minahasa

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si menerima audiensi Pengurus Indonesia Strong Puller Federation (ISPF) IPD Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka membahas Kejuaraan Nasional olahraga Panco atau Gulat Tangan di Kabupaten Minahasa, pada Selasa (16/4).

Dalam audensi ini Ketua ISFP Sulut Ivano Senduk mengungkapkan bahwa kegiatan ini nantinya akan dihelat pada Agustus 2024 mendatang.

Dikatakan Senduk, bahwa event ini selain didukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa. Juga bekerja sama dengan tempat-tempat pelatihan kebugaran (GYM) di Sulut dan Minahasa.

“Bapak Bupati Kumendong sangat mensupport kegiatan ini dilaksanakan di Minahasa. Dan rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di Lapangan Sam Ratulangi Tondano atau Taman God Bless Minahasa,” ujar Senduk.

Lanjutnya, event ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus, atau dalam rangka memperingati Hut ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan ke masyarakat bahwa olahraga Panco atau Gulat Tangan masih tetap eksis hingga saat ini khususnya di Sulut,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris ISPF – IPD Sulut, Calvin Pantow, menambahkan bahwa tujuan utama dalam kegiatan ini juga adalah merekrut atlet-atlet muda potensial untuk mengikuti kejuaraan.

“Saat ini, kita sudah mendapat undangan untuk mengikuti kejuaraan dunia di Kutai Timur, Kalimantan Timur, pada 25-26 Mei 2024, dalam event Bupati Kutai Timur International Armerestling Cup 2024,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk Sulut sendiri ada beberapa atlet yang siap mengikuti kejuaraan dunia tersebut. Beberapa atlet yang ikut diantaranya Jerry Nyender klas nasional dan Sonny Posumah klas internasional.

“ISPF – IPD Sulut telah melakukan pertemuan untuk membahas pembentukan pengurus di beberapa kabupaten kota di Sulut. Dan Saat ini yang sudah ada pengurus yaitu Manado, Minahasa dan Minsel,” tutupnya.(Glen)