Bahaya Dampak Abu Vulkanik, Warga Minahasa Dihimbau Jaga Kesehatan

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Menanggapi bencana alam erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut pada Rabu (17/4), Penjabat (Pj) Bupati Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si dan Sekda Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menghimbau warga Minahasa agar waspada dan tetap menjaga kesehatan.

Abu vulkanik dampak erupsi Gunung Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Dari hasil pantauan media ini, kedudukan warga Minahasa yang berjarak sekitar 135 km dengan Gunung Raung mulai merasakan dampak bahaya dari lontaran abu vulkanik gunung berapi aktiv ini.

Maka dari itu, Bupati Minahasa melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Maya Kainde SH MAP, menghimbau warga meminimalkan aktivitas luar ruangan atau lapangan terbuka.

“Diharapkan semua warga menggunakan masker, pelindung mata, serta pakaian panjang yang dapat melindungi badan dari bahaya abu vulkanik ini,” imbau Kadis Maya.

Dirinya juga mengingatkan warga Minahasa untuk tidak mengonsumsi atau menggunakan air hujan yang sudah tercemar abu vulkanik untuk keperluan masak atau pun untuk mandi.

“Air hujan yang tercemar abu vulkanik sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan iritasi hidung, tenggorokan, batuk kering serta gangguan Ispa,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, abu vulkanik dari Gunung Ruang ini sudah sampai ke daerah Kabupaten Minahasa namun belum mengganggu aktivitas dari warga masyarakat.

“Pemkab Minahasa tetap mengimbau masyarakat untuk selalu sigap siaga serta menjaga kondisi kesehatan,” tutup Kadis Maya.(Glen)