Bangunan WC Pamsimas 2019 Terendus Tidak Sesuai Bestek

MANGUNINEWS.COM, Motoling Barat – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tondei Satu, Kecamatan Motoling Barat, kembali melakukan investigasi terkait pelaksanaan proyek Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2019, yang sampai hari ini belum selesai. Penyelidikan BPD ini digelar, Senin (28/9).

Hanli Mogogibung, Ketua BPD Desa Tondei Satu menyampaikan, program sanitasi sekolah yang berada di SDN Inpres Tondei tidak sesuai dengan suatu peraturan yang mengikat, yang diuraikan sedemikian rupa, terinci, cukup jelas dan mudah dipahami atau tidak sesuai bestek yang termuat dalam Rencana Kerja Masyarakat (RKM). Mogogibung berujar, Inspektorat Minahasa Selatan (Minsel) harus melakukan pemeriksaan menyeluruh soal kegiatan ini.

“BPD berharap Inspektorat untuk dapat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada proyek Pamsimas Tondei Satu, anggaran tahun 2019 agar pekerjaan yang sedang dilanjutkan, dikerjakan sesuai dengan bestek. Karena ternyata untuk pembuatan WC yang sekarang tidak sesuai dengan bestek. Dari hasil investigasi BPD, pembuatan WC yang sementara dikerjakan hanya berukuran 1,75 m x 1,75 m. Yang harusnya sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) angaran Rp 21.013.000 dengan ukuran 2 m x 3 m,” ujarnya.

Selanjutnya Mogogibung menuturkan, jika pemeriksaan tidak dilakukan dengan cermat maka akan mengakibatkan kerugian negara.

“Hal ini merupakan indikasi akan terjadi tindak korupsi. Untuk itu, supaya tidak akan terjadi hal yang merugikan negara, BPD berharap Inspektorat untuk dapat mencegah hal ini. Karena jika hal ini terjadi maka akan bertambah lagi jumlah laporan BPD untuk dugaan korupsi di Desa Tondei Satu, yang sekarang ini sedang diproses di Polres Minsel,” tutur bapak dua orang anak ini.

Adri Sengkey, tukang yang awalnya mengerjakan sanitasi di sekolah itu menjelaskan, sebelum pekerjaanya dimulai memang sudah ada fondasi yang dibuat.

“Jadi awalnya kita kerja itu so ada depe fandasi, makanya kita cuma iko depe fandasi yang dorang so beking. Kita langsung susung tela,” jelasnya. (Tim MN)