Bansos Tersalur di Kolongan, Mait Bersyukur Respon Masyarakat Baik

MANGUNINEWS.COM, Tomohon –  Wujud nyata perhatian pemerintah terhadap masyarakat Kota Tomohon dalam menghadapi pandemi Covid-19, terus diperagakan. Teranyar, penyaluran bantuan sosial (bansos) telah terdistribusi ke masyarakat. Seperti di Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah.

Lurah Kelurahan Kolongan, Jones Mait SH menjelaskan, bansos telah tersalurkan sepenuhnya di wilayahnya.

“Di sembilan Lingkungan Kelurahan Kolongan, ada 345 KK (kepala keluarga) yang terdaftar sebagai penerima. Kemarin sebagian besar sudah disalurkan dan beberapa lingkungan dituntaskan setengah hari ini,” kata Mait, Selasa (28/4).

Ditegaskan, proses penyaluran dilakukan dengan memperhatikan Maklumat Kapolri dan Maklumat Walikota Tomohon.

“Jadi, hari pertama disalurkan secara simbolis di kantor kelurahan ke satu KK. Ini untuk menghindari kerumunan. Apalagi aula kelurahan kita kan bukan aula yang besar. Sebagian lingkungan disalurkan door to door,” jelas Mait.

Lurah juga memastikan jika para penerima sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. “Mereka yang menerima bantuan itu yang terkena dampak Covid-19. Bukan penerima upah tetap. Di Kolongan, pemerintah tahu persis masyarakat yang torang lia dorang pe kehiduan memang harus dibantu,” tuturnya.

Walau demikian, Mait mengaku dia sangat terbuka jika ada warga yang ingin mengeluh karena merasa harus jadi penerima namun belum terdata.

“Bagi masyarkat yang merasa pantas menerima kong nda dapa, silahkan melapor ke kelurahan. Kalu belum terdata, tapi merasa berhak. Secara pribadi,  saya terbuka menerima keluhan masyarakat. Ini meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau memang benar, kita akan perbaiki itu agar dalam penyaluran bantuan berikutnya bisa tercover,” ucapnya.

Mait sendiri mengaku sangat bersyukur, karena sampai saat ini respon masyarakat cukup baik.

“Syukur sampai hari ini, belum ada masyarakat yang mengeluh. Respon masyarakat sangat apresiatif terhadap pemerintah. Tapi torang tetap menunggu berapa hari ke depan,” tandas Mait.

Senada diungkapkan Kepala Lingkungan 7 Kelurahan Kolongan, Ruddy Pitoy. Menurutnya, respon masyarakat sangat baik dengan bantuan ini.

“Kami bersama perangkat kelurahan, Linmas, door to door ke rumah masyarakat untuk menjaga agar tidak ada kerumunan warga. Para penerima mereka yang pantas dan sesuai kriteria. Kecuali para PNS, pegawai BUMN (Badan Usaha Milik Negara), pensiunan, tidak dapat,” kata Pitoy.

“Masyarakat rata-rata bersyukur dan beterima kasih ke pemerintah atas bantuan ini. Semua gembira. Bapak Walikota, Bapak Lurah sampai kami perangkat di lingkungan juga tentu merasa gembira karena respon positif masyarakat. Semoga ini bisa membantu masyarakat. Jangan lupa, tetap ikuti anjuran pemerintah untuk stay at home,” ungkap Pitoy.

Diketahui, Bansos Pemerintah Kota Tomohon tahap pertama ini terdiri dari beberapa bahan pokok. Setiap KK menerima beras 6 Kilogram (Kg), minyak goreng 3 Kg, gula pasir 1 Kg, dan telur 12 butir. (Risal Kahidopang)