Basarnas Evakuasi 6 Warga yang Tersesat di Pertambangan Bakan

MANGUNINEWS.COM, Pinolosian Timur – Kamis (18/6) pukul 06.15 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado, menerima laporan kondisi membahayakan jiwa manusia. Disebutkan, ada 6 orang yang tersesat di lokasi pertambangan Bakan, Desa Matandoi, Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Menurut informasi yang diterima dari Anggi, salah satu keluarga korban, pada Selasa (16/6), ke enam korban mencari lokasi pertambangan rakyat. Kemudian mereka bergerak untuk pulang, namun tak kunjung kembali hingga keluarga korban melaporkan kejadian tersebut ke kantor SAR Manado.

Pada pukul 06.35 Wita, Tim Rescue Pos Siaga SAR Kotamobagu segera berangkat ke lokasi pencarian. Begitu tiba di lokasi, Tim SAR Gabungan langsung bergerak ke titik pencarian.

Setelah melakukan pencarian, sekitar pukul 09.30 Wita, tim berhasil menemukan empat korban, masing-masing bernama Angki, Linda, Jerry, dan Ando dalam kondisi lemah. Tak berselang waktu lama, dua korban yang tersesat ditemukan, masing-masing bernama Anton dan Randi. Korban langsung dievakusi ke klinik terdekat dan diserahkan ke keluarga mereka.

Hal tersebut diungkapkan Suhri Sinaga, Kepala Basarnas Manado. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat dalam pencarian.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak potensi SAR, masyarakat, dan keluarga korban yang turut membantu dalam proses pencarian hingga para korban bisa ditemukan. Dengan selesainya proses evakuasi maka operasi SAR kondisi membahayakan jiwa manusia, 6 orang yang tersesat di lokasi pertambangan Bakan, ditutup dengan hasil semua korban selamat,” jelas Sinaga. (Kelly Korengkeng)