Basarnas Manado Gelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran

MANGUNINEWS.COM, Airmadidi – Minggu (17/5), Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado menggelar apel siaga SAR khusus Lebaran 1441 H/2020, dilanjutkan pelepasan personil dan alut.  Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda negara, siaga lebaran tahun ini cukup berbeda.

Siaga SAR khusus Lebaran dimulai 17 Mei hingga 1 Juni mendatang. Siaga SAR tersebut digelar serempak di seluruh Indonesia.

Apel dan pembukaan siaga dipimpin dan dibuka langsung oleh Kepala Basarnas Manado, Suhri Sinaga.

“Tahun ini siaga SAR cukup unik, tidak mudik, tidak piknik tetapi lebaran tetap asyik dikarenakan situasi wabah Covid-19 yang melanda. Bagi seluruh ASN juga tidak diperbolehkan cuti sesuai arahan pemerintah. Dan untuk siaga SAR khusus Lebaran tahun ini diinstruksikan dari pusat, bahwa tidak ada patroli. Siaga mandiri yaitu stand by di kantor. Namun patroli bisa dilaksanakan apabila ada arahan dari Kasiops, hasil koordinasi dengan pelabuhan dan bandara sesuai situasi dan kondisi dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19,” tutur Sinaga.

Dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan Search and Rescue (SAR) di tengah pandemi yang melanda masyarakat saat ini, Kakansar juga menegaskan, “Dalam menjalankan operasi SAR, personil harus dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri) Covid-19 dalam penanganan korban di lapangan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas Sinaga. (Kelly Korengkeng)