Bawaslu Ajak Masyarakat Berperan Aktif Tolak Politik Uang

MANGUNINEWS.COM, Manado – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) meminta masyarakat jaga integritas. Para pemilih diajak tolak secara tegas politik uang.

Bawaslu Sulut menyoroti, di hari jelang pemungutan suara, aksi membeli dukungan masyarakat dengan duit bisa semakin masif.

“Terkait dengan politik uang, saat ini kita bersama-sama harus dengan tegas menolak dan berperan aktif. Kita harus berani menjadi pelapor apabila hal demikian terjadi,” kata Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, saat rapat koordinasi bersama stakeholder terkait Pilkada berintegritas dan ramah lingkungan yang digelar Bawaslu Sulut, baru-baru ini, di Hotel Lagoon Manado.

Ia mengungkapkan, Bawaslu Sulut terus melaksanakan sosialisasi dan berkoordinasi dengan peserta pilkada. Ini untuk sama-sama mewujudkan pilkada tahun 2020 yang berintegritas.

“Semoga setiap kita mau bersama-sama, antara penyelenggara pemilu dan peserta pemilu dapat menerapkan pilkada yang berintegritas dengan baik,” tandasnya.

Menurutnya, Bawaslu membutuhkan dukungan dan partisipasi publik. Bukan hanya sekedar berpedoman pada regulasi secara tertulis. “Melainkan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan memilih pemimpin yang berkualitas,” tegas Malonda. (Yonatan Kembuan)