Bawaslu dan Pemkot Tomohon Komit Jaga Netralitas ASN

74

MANGUNINEWS, Tomohon – Komitmen untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2020, ditegaskan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Nada apresiasi pun terlontar dari Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Herwyn Malonda, S.H., M.H., M.Pd.

Hal itu diungkapkan Malonda, usai dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama antara Bawaslu Kota Tomohon dan Pemkot Tomohon, di Kantor Walikota Tomohon, Kamis (16/7).

“Apresiasi teman-teman Bawaslu Kota Tomohon, terutama kepada Pemkot Tomohon. Karena ini pertama kali terjadi di Sulut. Sebelumnya, setahu saya belum pernah terjadi,” kata Malonda.

Diakui, Kota Tomohon merupakan pionir di Sulut. “Biasa Bawaslu sulit koordinasi dengan pemerintah daerah untuk netralitas ASN. Tapi di Tomohon, pemkot ada inisiatif. Ini luar biasa,” tuturnya.

“Pemerintahan sebenarnya berjalan seperti biasa, tapi di masa pilkada (pemilihan kepala daerah) ada perlakuan khusus untuk ASN. ASN diharapkan netral. Bisa bekerja sesuai kewenangan masing-masing,” jelas Malonda.

Dijelaskan juga, upaya untuk menjaga netralitas ASN merupakan bagian dari tugas Bawaslu yang memiliki fungsi pengawasan dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu.

“Bawaslu nantinya akan melakukan fungsi pencegahan ke ASN, melalui sosialisasi-sosialisasi tentang hal-hal apa yang bisa dan apa yang tidak bisa dilakukan oleh ASN di masa pemilu,” terangnya.

“Apresiasi Pak Wali Kota mau bersama-sama dalam kerja pencegahan dan pengawasan bagi ASN. Ini penting dipahami oleh para ASN karena calon walikota dan wakil walikota nantinya bisa didiskualifikasi kalau ada keterlibatan ASN. Tapi paling penting dari pertemuan ini, kita ada kesepakatan untuk sama-sama menjaga dan mengawasi agar ASN bisa menjaga netralitas,” tandasnya.

Malonda menegaskan, sangat berharap netralitas ASN di Kota Tomohon bisa terwujud dalam Pilkada Tomohon.

“Saya atas nama Bawaslu Provinsi, Bawaslu Tomohon, mengucap terima kasih untuk inisiatif dalam kerja sama pengawasan terhadap ASN di Kota Tomohon,” ucap Malonda.

Diketahui, penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan, S.Pd., M.Hum., bersama Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, S.E., Ak., C.E., dan disaksikan oleh Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, S.H., M.H., M.Pd., pimpinan Bawaslu Tomohon Irvan Dokal, S.H., Steffen Linu S.S., dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. H. V. Lolowang, M.Sc.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten 1 Pemkot Tomohon Toar Pandeirot, S.Pd., M.M., bersama sejumlah penjabat pemkot Tomohon lainnya, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Tomohon Vernon Mamuaya. (Lefrando Gosal)