Bekali Pengetahuan Pengunaan Dandes, Pemdes Koyawas dan Lowian Apresiasi Narsum

MANGUNINEWS.COM,Langowan Barat – Dinas Penberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, Polres Minahasa, Kejaksaan Negeri Minahasa serta Pemerintah Kecamatan Langowan Barat, menjadi Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pengunaan Dana Desa (DD) Tahun 2021, di desa Koyawas dan desa Lowian, yang digelar oleh kedua Pemerintah Desa tersebut, Bertempat di Balai Desa Koyawas, Kamis (14/10/21).

Adapun Sosialisasi tersebut diikuti para perangkat Desa di dua desa tersebut diantaranya Sekretaris Desa, Kepala Seksie, Kepala Urusan, Kepala Jaga dan Meweteng dan laiinya.

Dalam kesempatan ini, Camat Langowan Barat Ir. Sisca Maseo, MAP saat membawakan materi di hadapan perangkat desa menyapaikan bahwa dana desa yang bersumber dari pusat tersebut di gunakan untuk kesejahteraan masyarakat melalui musyawarah desa dengan skala perioritas pembangunan yang ada di desa.

” Saya berharap agar pelaksanaan sosialsisi pengunaan dana desa ini dapat sesuai dengan amanah aspirasi masyarakat. tentunya atas nama pemerintah kecamatan langowan barat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan sosialisasi dana desa ini,” ucap Maseo

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung, SH, MAP melalui Sekretais Dinas PMD, Yulius Kalintabu, SE sebagai pemateri mengatakan bahwa perioritas penggunaan dana desa sagat krusial dimana perangkat desa harus memahami bagai mana pengelolaanya.

” Pengelolaan dana desa yang baik dapat dimaanfaatkan sesuai mekanisme tata cara pengunaan dana desa untuk membangun desa yang berkualitas demi jesejahtetaan masyarakat desa,” ujar Kalintabu.

Terkait sosialisasi ini, Kasie Intel Kejari Minahasa, Yosi Korompis, SE mengatakan dengan adanya sosialisasi pengunaan dana desa ini, perangkat desa desa dapat memudahkan untuk memahami  tata cara pengelolaannya agar tidak tersengkut perkara.

” Sesuai dengan MoU kejaksaan dan kementrian desa maka kami dari kejaksaan dapat mengawasi pengunaan dana desa, agar dana desa tersebut dapat dapat digunakan degan sebaik baiknya, dan pengunaan anggaran harus sesuai dengan prosedur tampa adanya kecurangan, jadi hukum tua harus bertangung jawab dalam pengunaan anggaran,” tegas Korompis.

Senada Hukum Tua Desa Koyawas Jenri Wowor dan PLT Hukum tua Lowian Vonny E Sigar  usai mengikuti sosialisasi mengapresiasi para narasumber yang telah memberikan materi dari Dinas Penberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa, Polres Minahasa, Kejaksaan Negeri Minahasa dan Pemerintah Kecamatan Langowan Barat.

” Kami atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat desa  menyampaikan apresisasi kepada para narasumber, dengan adanya sosialisasi pengunaan dana desa tersebut perangkat desa dapat memahami materi tentang bangaimana mengelola dana desa dengan baik agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan sesuai peruntukannya untuk kesejahtetaan masayarakat desa, ”ujar keduanya.

Penulis: Safen

Editor: Lefrando Gosal