Berjaya di Ajang Nasional, FOF Tomohon Komit Angkat Musik Tradisi Minahasa

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Sejumlah pemuda berbakat di Fire Of Flower (FOF) Kolintang, harumkan Kota Tomohon di festival nasional lewat lomba virtual lagu nasional dengan musik kolintang. Kegiatan yang digagas Radio Republik Indonesia (RRI) dan Persatuan Insan kolintang Nasional (Pinkan) ini, dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76.

Dalam lomba tersebut, FOF Kolintang Tomohon yang merupakan wadah para pemuda dalam mengembangkan minat bakat musik tradisi Minahasa ini, berhasil masuk final dan menempati peringkat kedua dari 40 peserta, perwakilan berbagai daerah di Indonesia.

Ini berdasarkan hasil penilaian juri yang dibacakan langsung oleh ketua tim juri Dwiki Darmawan, dalam babak final yang disiarkan langsung oleh RRI lewat Youtube, Jumat (13/8/201).

Atas torehan ini, Billy Gosal, pelatih FOF Kolintang, mengapresiasi seluruh pemain atas perjuangan serta upaya yang diberikan.

“Terima kasih untuk anak-anak yang luar biasa. Pandemi memang membatasi. Tapi semangat kalian sangat luar biasa,” kata Gosal ketika diwawancarai via Whatsapp.

“Tetap semangat, jangan berpuas hati. Ini baru awal. Masa depan musik kolintang Sulawesi utara, khususnya kota Tomohon, berada di tangan kalian,” tutur Gosal.

Menurutnya, pencapaian ini berkat doa serta dukungan seluruh masyarakat kota Tomohon.

“Prestasi yang dicapai ini juga berkat doa serta dukungan dari masyarakat Tomohon,” aku Gosal.

Ia mengaku, segala upaya yang diberikan FOF, merupakan komitmen untuk melestarikan musik tradisi Minahasa di kancah nasional, bahkan dunia.

Gosal berharap, walaupun pandemi Covid-19 tengah menerjang, kereativitas jangan pernah pudar.

“Saya harap pandemi Covid-19 jangan menjadi alasan untuk kita tidak berkarya. Terus kembangkan potensi yang ada dan terus berkreativitas, ciptakan karya-karya terbaik,” ungkap Gosal. (Jong)

Penulis: Filo Karundeng