Bersama TNI dan Polri, Warga Kombi Bersihkan Sisa Longsoran

MANGUNINEWS.COM, Kombi – Masyarakat Desa Kombi, Kecamatan Kombi, melaksanakan gotong royong di daerah bencana tanah longsor. Kegiatan ini digelar Kamis (7/5), mulai pukul 08.00 Wita.

Sejumlah masyarakat yang ikut kerja bakti ini membersihkan sisa tanah longsor yang masih menutupi sebagian akses jalan dari Desa Kombi menuju ke Desa Kolongan dan Desa Sawangan, secara khusus di wilayah Jaga 5.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Jaga (Pala) di Desa Kombi, Meilany Rawung. “Ini longsor yang terjadi tanggal 29 April waktu yang lalu, dan memang langsung ditanggulangi oleh Pemkab Minahasa lewat TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Minahasa, Koramil 05 Kombi dan Polsek Kombi, tapi masih ada sisa-sisa tanah. Karena hujan beberapa hari ini, hanyut ke jalan jadi harus dibersihkan,” kata Rawung.

Tokoh masyarakat Desa Kombi, Fronny Matheos, yang ikut dalam gotong royong ini menuturkan jika kerja bakti ini merupakan anjuran pemerintah.

“Ini adalah ajuran dari Pemerintah Desa Kombi, Hukum Tua (Kepala Desa) dan BPD (Badan Perwakilan Desa) Desa Kombi, untuk bekerja bersama di beberapa titik longsor. Masyarakat ikut dibantu oleh beberapa aparat TNI dan Polri, supaya akses jalan dapat dilalui dengan aman,” ungkapnya.

“Pekerjaan seberat apapun kalau dilakukan dengan bergotong royong akan cepat selesai. Ini juga untuk mempererat kebersamaan sebagai masyarakat Desa Kombi,” tambah Matheos.

Menurutnya, yang ikut dalam gotong royong tadi pagi, datang dari beberapa elemen masyarakat. Ada tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat dari Jaga 1 sampai Jaga 6. (Meidy Sumeleh)