Bersumber Dari DD, Dua Desa Miliki Mobil Ambulance

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan Pada tahun anggaran 2020 ini, sejumlah desa di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang jauh dari jangkauan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun Rumah Sakit RS, seperti Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan dan Desa Kokapoy, Kecamatan Mooat, telah mengalokasikan anggaran pengadaan mobil ambulance yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Pengadaan ambulance ini guna menunjang gerak pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut, baik ke tingkat Puskesmas maupun ke tingkat RS.

Rabu (8/7), dua mobil ambulance jenis Wuling milik Desa Jiko Belanga dan Kokapoy, tiba di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Boltim. Mobil itu telah dilengkapi dengan peralatan pelayanan kesehatan guna merujuk masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan lebih lanjut ke tingkat Puskesmas maupun RS.

Setibanya mobil ambulance tersebut, nampak Sangadi (Kepala Desa) Jiko Belanga, R. Manuhu yang didampingi salah satu perangkatnya, langsung menerima penyerahan kendaraan itu dari pihak dealer. Penyerahan disaksikan langsung oleh Kepala BPMPD Uyun Pangalima, Kepala Bidang Rusli Dayo dan sejumlah staf BPMPD.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPMPD Uyun Pangalima menyampaikan harapannya kepada Sangadi Jiko Belanga, agar dapat memanfaatkan mobil ambulance yang ada sesuai dengan peruntukkan, dijaga dan dirawat secara baik. Untuk biaya operasional ambulance, Pangalima meminta kepada Sangadi untuk dapat mengaloksikannya melalui program DD.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sangadi Jiko Belanga R. Manuhu mengatakan, selaku pemerintah desa pihaknya akan melaksanakan apa yang menjadi harapan dari pemerintah kabupaten melalui BPMPD.

“Kami akan menjaga, merawat dan memanfaatkan mobil ambulance yang ada sesuai dengan peruntukannya,” ucap Manuhu yang akrab disapa Opo Lao. (Pusran Beeg)