Bisnis Game Online di Tengah Pendemi, Mapaliey: Tetap Bersyukur

143
Andre Mapaliey

MANGUNINEWS.COM, Kawangkoan – Sudah hampir tiga bulan wabah virus corona masuk di daerah Sulawesi Utara, berbagai upaya penanganan pun dilakukan pemerintah. Kebijakan itu ikut mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Andre Mapaliey, warga Kawangkoan, Minahasa, yang kesehariannya sebagai pemain game online, punya penilaian sendiri. Pemuda yang memiliki penghasilan dari hobi tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, punya kisah di masa pandemi ini.

Saat diminta tanggapan mengenai kondisi saat ini, terkait pandemi Covid-19, via kontak WhatsApp pada Kamis (14/5), ia mengatakan, “Biasanya di dalam game online ada barang-barang yang diperlukan para peminat untuk meningkatkan karakter pada game tersebut. Keseharian saya yakni menjual item-item dalam game online yang diminati, misalnya dragon claw, arcana atau immortal dan lain sebagainya dalam game DOTA 2.”

“Dan biasanya dalam pemasaran, saya berjumpa langsung dengan pembeli, tapi bisa juga via online. Saya sengaja bertemu langsung agar supaya menghindari terjadinya penipuan,” kata Andre.

Diakui, pandemi Covid-19 kini ikut mengganggu bisnisnya.

“Dengan adanya virus ini, kegiatan tersebut terhambat dan berkurang. Walalupun begitu tetapi masih ada peminat yang menginginkan item yang dijual dengan cara via online. Tapi sudah tidak seperti biasanya,” ujarnya.

Selain berbisnis dalam game online, ia juga sering membantu orang tua dalam menjalankan bisnis rumah makan dan berdagang di pasar.

“Saat ini juga, saya sering membantu orang tua dalam berjualan. Walaupun aktivitas masyarakat terbatas tapi masih banyak orang yang datang membeli makanan,” jelasnya.

Menghadapi kondisi kini, Andre yang juga aktif dalam organisasi gereja sebagai anggota Komisi Pemuda Bidang Informasi dan Komunikasi di salah satu gereja yang ada di Kawangkoan, punya pesan untuk publik.

“Di sisi lain kita tetap bersyukur, tapi di sisi lain juga terus bergumul agar supaya virus ini boleh cepat berakhir dan aktivitas dapat berjalan seperti biasanya lagi. Jangan lupa, kita juga harus selalu mematuhi anjuran dari pemerintah,” tutupnya. (Tim Man)