Bupati Pacu Pemberian Bantuan, Kisman: Hari Rabu Mulai Disalurkan

Bupati Sehan Landjar didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kisman Mamonto, tinjau pengepakan sembako yang akan segera disalurkan.

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan– Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kisman Mamonto, Selasa (21/4), mengungkapkan jika proses penyaluran bantuan sembako akan segera disalurkan.

Dipastikan, penyaluran beras premium, gula pasir, ikan kaleng dan minyak goreng kepada masyarakat terdampak Covid-19, akan dilaksanakan pada hari Rabu (22/4) besok. Bantuan akan diserahkan langsung oleh Bupati Sehan Landjar dan akan diawali di Desa Kotabunan.

“Proses penyaluran akan dilakukan langsung oleh Bupati Sehan Landjar dan diawali di Desa Kotabunan,” kata Mamonto.

Mengenai teknis penyalurannya, Kisman menjelaskan, masyarakat penerima uang tunai Program Keluarga Harapan (PKH) juga akan menerima bantuan beras 10 kg, minyak goreng 1 kg dan gula pasir 1 kg. Tetapi mereka tidak lagi menerima ikan kaleng. Sementara bagi masyarakat yang tidak masuk dalam program PKH, akan menerima beras, minyak goreng, ikan kaleng dan gula pasir, dihitung berdasarkan jumlah jiwa yang berada di setiap rumah warga penerima bantuan sebagaimana yang disampaikan oleh Bupati.

“Sementara bagi masyarakat penerima BLT, mereka tidak akan lagi menerima sembako,” jelas mantan Camat tersebut.

Pengepakan bantuan yang akan disalurkan ke masyarakat.

Diketahui, sebelumnya Bupati Sehan Landjar dalam sosialisasinya bahaya penyebaran Covid-19 kepada masyarakat yang dilakukan dari desa ke desa dan dari lorong ke lorong, telah menjelaskan bahwa dengan adanya dampak dari penyebaran Covid-19, ia selaku Bupati telah menyiapkan bantuan berupa beras premium, gula pasir, minyak goreng, ikan kaleng bahkan sampai dengan uang tunai, bagi masyarakat penerima PKH maupun BLT.

“Masih terkait rencana penyaluran, selaku instansi teknis terkait, saat ini kami terus berkoordinasi bersama para Sangadi (Kepala Desa, red) dan Camat di wilayahnya masing-masing, guna mematangkan data masyarakat penerima bantuan. Karena para Sangadi-lah yang lebih mengetahui mana masyarakat yang akan menerima bantuan berupa sembako, PKH maupun BLT,” terangnya.

“Itu sebagaimana rapat koordinasi yang dilaksanakan bersama seluruh Sangadi se-Kecamatan Tutuyan, dimana sebelumnya rapat koordinasi yang sama telah dilaksanakan bersama Pemerintah Kecamatan Kotabunan yang dihadiri oleh seluruh Sangadi se-Kecamatan Kotabunan,” sambung Mamonto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kisman Mamonto melaksanakan rapat bersama Sangadi dan Camat terkait rencana penyaluran bantuan.

Pantauan di gudang penampungan, tepatnya di Balai Desa Tutuyan, saat ini tim kerja Dinas Ketahanan Pangan di bawah koordinator Kepala Dinas Kisman Mamonto terus bekerja keras melakukan pengepakan berbagai bantuan yang akan disalurkan.

Bupati Sehan Landjar sore ini, juga terpantau melihat langsung persiapan yang dilakukan di tempat penampungan bantuan tersebut. Hal itu dilakukan guna memastikan proses persiapan dilakukan dengan baik dan cepat sehingga secepatnya boleh tersalur ke masyarakat. (Pusran Beeg)