Ciptakan Keseragaman, Tessar Jamin Benahi Pola di Bagian Hukum Pertanahan

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Ungkapan optimisme ditegaskan Tessar B. Soewarno, S.H., M.Kn., pasca dipercayakan menjabat Staf Khusus (Stafsus) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dalam hal ini Wali Kota Caroll Senduk, S.H., dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut, S.E.

Hal itu dikatakannya usai ‘Pelantikan Staf Khusus Wali Kota Tomohon’ bersama 45 Stafsus lainnya di Rumah Dinas, Selasa (19/10/2021) malam. Diketahui, Tessar ditunjuk sebagai Stafsus bidang Aset Daerah.

“Tentunya saya bersyukur bisa dipercayakan untuk menjabat sebagai Stafsus. Kedepan kami menjamin bakal membenahi bagian atau pola yang salah di bagian hukum terutama di hukum pertanahan,” ungkapnya.

Lanjut Tessar, nantinya tanah-tanah yang belum bersertifikat akan diperhatikannya. Maka dari itu, ia berkomitmen akan menciptakan keseragaman produk hukum.

“Sebagai langkah awal yang akan dilakukan di bidang saya, kami akan membuat keseragaman terkait produk hukum dari kelurahan. Tujuannya agar supaya tidak ada perbedaan administrasi tanah antar kelurahan,” ujarnya.

Menurut lulusan Universitas Brawijaya ini, dengan keseragaman, korelasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) bisa sama.

“Apalagi sekarang kebanyakan administrasi tanah di kelurahan tak rapi. Jadi kita akan buat rapi, supaya impect ke masyarakat dulu baru pemerintah,” terangnya.

Ia pula menambahkan, pemahaman hukum terkait bidang pertanahan bagi para lurah sangat penting.

“Sehingga akan dibuat sosialisasi ke tiap-tiap lurah. Agar pemahaman hukum terkait bidang tanah menjadi kuat. Jadi jangan sampai terjadi lagi masalah karena lurah mengeluarkan surat tanah yang bermasalah,” ujarnya.

Hal yang sama pun diharapkan Tessar kepada masyarakat kota Tomohon.

“Harapan ke depan untuk masyarakat kota Tomohon, agar punya kepastian hukum yang sama terutama di bidang pertanahan, sesuai dengan visi misi wali kota dan wakil wali kota,” pungkasnya.

Penulis: Anugrah Pandey