Covid-19 Mewabah, GMBI Kema Bantu Masyarakat

MANGUNINEWS.COM, Kema – Wabah Covid-19 (virus corona) membuat masyarakat sangat khawatir. Jumlah kematian pasien kian bertambah setiap hari. Kondisi itu ikut memantik reaksi prihatin Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Wujud kepedulian, GMBI Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kema, Minahasa Utara, terjun langsung melakukan upaya pencegahan penyebaran virus ini. Caranya, dengan terus mengimbau masyarakat untuk patuh pada aturan pemerintah dengan tetap tinggal di rumah atau disiplin menerapkan pola hidup sehat dan menjaga jaga jarak kepada orang lain, apalagi orang asing.

Ketua GMBI Kema, Koeman Van Kevin Geiller mengungkapkan, pihaknya juga berupaya membantu masyarakat yang kurang mampu atau yang belum mendapat bantuan pemerintah dengan membagikan sembako hingga melakukan penyemprotan disinfektan.

“Penyemprotan disinfektan dilakukan beberapa hari lalu dan dilanjutkan pembagian sembako. Ini sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19 di Kema, dimana perekonomian masyarakat diserang oleh wabah ini,” kata Geiller, Senin (6/4).

Hal yang sama juga dikatakan Priskilla Togas, Kadiv Taruna Tanggap Bencana (Tagana) GMBI Kema. Ia menjelaskan, sebagai LSM sudah sepantasnya membantu masyarakat. Dia juga berharap agar bantuan yang dibagikan tidak dilihat dari besar atau kecilnya tapi lebih pada kepedulian GMBI kepada masyarakat.

“Di tengah keterbatasan anggota, karena ada juga anggota yang dirumahkan, namun kami tetap saling membantu walaupun saling patungan untuk mencukupi dana guna pembelian sembako,” ujar Togas.

“Memang bantuan yang dibagikan ini hanya kepada kurang lebih 150 penerima yang dikatakan kurang mampu perekonomiannya dan yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Jangan dilihat isi dan nilainya dulu, ini lebih kepada kepedulian kami terhadap masyarakat,” jelasnya.

Dari pantauan, GMBI Kema awalnya melakukan penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah hingga jalananan. Kemudian pembagian sembako berupa beras 3 liter, telur 3 butir, ikan roa 3 ekor. Kegiatan ini dilakukan dari pagi hingga malam hari.

Sementara itu, salah satu kepala Jaga Desa Kema 2, mengaku merasa terbantu dan senang dengan perhatian yang diberikan oleh GMBI kepada masyarakat.

“Mari kita doakan bersama semoga wabah ini cepat berlalu,” kuncinya. (Tim Man)