Selain Ruas Jalan Tombatu-Silian Dikerjakan, Beberapa Jalan di Mitra Akan Diperbaiki

MANGUNINEWS.COM, Mitra – Ruas jalan Tombatu-Silian akan mulai dikerjakan dengan anggaran sekira 3,8 miliar bersumber dari APBD Provinsi Tahun Anggaran 20201.Hal ini melalui Pemerintah Provinsi Sulut lewat Dinas PUPR dimana memastikan dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas PUPR Mitra, membenarkannya, melalui Kepala Bidang Bina Marga Silva Kaat ST. Dimana Dia menyebutkan, memang anggaran yang sempat diusulkan 5 miliar. Namun karena adanya rekofusing akibat pandemi covid-19, menjadi 3,8 miliar rupiah.

“Jadi Kalau tidak salah perkiraan pertengahan Juni atau Juli pekerjaan akan dimulai. Yang pasti sudah mulai akan dikerjakan jalan tersebut, ”Kata Kaat meyakinkan.

Diketahui bahwa tak hanya jalan Tombatu-Silia saja yang akan dikerjakan. Ruas jalan Ratahan-Amurang juga menurut Kaat akan dilakukan perbaikan. Sementara, lanjut Silva besaran anggaran untuk perbaikan jalan tersebut sekira 10,3 miliar (sudah direcofusing) bersumber dari APBD Provinsi.

“Mungkin akan bersamaan progres pengerjaan dengan ruas jalan Tombatu-Silian. Namun untuk ruas jalan tersebut dibagi dua, daerah Mitra dan Minsel. Karena ruas jalan tersebut merupakan penghubung antar daerah dalam provinsi, ”terang Kaat.

Lanjut Dia, untuk ruas jalan Lobu-Kalait (Tombatu-Touluaan Selatan) pengerjannya akan diteruskan dengan besaran anggaran 7,75 miliar dalam pagu anggaran bersumber dari APBD Provinsi juga.

“Untuk jalan penghubung tersbut pengerjaanya akan dilanjutkan, dari arah Lobu hingga jembatan yang belum diperbaiki, akan dilakukan perbaikan sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan,” tuturnya.

Ditambahkannya, untuk jalan Ranoketang menuju Silian (Tombatu-Silian Raya) serta ruas jalan Poniki-Tababo (Belang-Pasan) menurutnya, sudah didokumentasikan oleh pihak Dinas PUPR Provinsi untuk kemudian diusulkan dalam penganggaran berikutnya.

“Adapun saat mereka (Dinas PUPR Provinsi)  berkunjung di Mitra, sekalian kami mengajak untuk mendokumentasikan ruas jalan yang rusak dan layak diperbaiki. Dan kami dapati yang mendesak adalah jalan tersebut,” imbuh Silva, sembari menyebutkan pihaknya tetap berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi dan selalu menyampaikan bahwa untuk memperhatikan jalan yang ada di Minahasa Tenggara.

Penulis: Herie Soriton
Editor: Lefrando Gosal