Damkar Minahasa Lawan Covid-19

301

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Minahasa terus melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Minahasa.

Dari pantauan wartawan manguninews.com, yang ikut serta dalam penyemprotan sejak siang hingga malam, Sabtu (11/4), 30 personil Damkar Minahasa yang dipimpin langsung Kepala Dinas Damkar Kabupaten Minahasa, Alex Mamesah bersama  Sekretaris Dinas Jhon Pantouw, tampak tetap bersemangat.

Titik awal yang menjadi lokasi penyemprotan adalah kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang berada di Desa Tampusu, Kecamatan Remboken.

Panas terik yang menyengat, sambil memanggul hand sprayer (alat penyemprot manual yang biasa digunakan petani untuk melalukan penyemprotan tanaman), tidak menjadi kendala bagi para personil damkar. Mereka melakukan penyemprotan di seluruh gedung dan fasilitas pendidikan IPDN.

Diketahui, IPDN adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian. Keunggulan belajar di kampus ini adalah tidak dipungut biaya, disediakan asrama, masih kuliah sudah diangkat menjadi CPNS, selama masa pendidikan diberi uang saku, dan lulus kuliah tidak bingung mencari kerja karena langsung ditempatkan di instansi pemerintah.

Saat kedatangan tim damkar, tampak para mahasiswa langsung keluar dari asrama mereka. Penyemprotan pun langsung dilakukan para petugas.

“Terimah kasih atas penyemprotan yang dilakukan oleh tim damkar Minahasa sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kampus IPDN,” ucap Ferdi, salah satu dosen IPDN kampus Sulawesi Utara.

Kurang lebih satu jam setengah tim damkar melakukan penyemprotan di seluruh fasilitas IPDN tersebut. Mulai dari ruang makan, asrama putra dan putri, kantin, fasilitas olah raga, fasilitas kesehatan, kantor pusat hingga ke perumahan dosen.

Sekitar pukul 14.00 wita, usai penyemprotan di kampus IPDN Sulut, tim damkar menyempatkan diri untuk makan siang di pingiran jalan yang menghubungkan Desa Tampusu menuju ke arah pusat Kecamatan Remboken.

Usai makan siang, tim damkar kembali melanjutkan penyemprotan di pusat Kecamatan Remboken. Dimulai dari Pasar Remboken, tim berjalan kaki dan melakukan penyemprotan hingga ke Desa Pulutan, sekitar pukul 18.00 Wita.

Dalam melakukan penyemprotan, tim damkar mendapat suport dari masyarakat yang ada di Kecamatan Remboken. Bahkan tim damkar sempat menerima buah langsat dari warga yang ada di Desa Parepei. Menurut warga, itu sebagai bentuk dukungan bagi para petugas tersebut.

Usai melakukan penyemprotan di Kecamatan Remboken, tim damkar sempat istirahat di Kantor Camat Kawangkoan, sebelum kembali melanjutkan penyemprotan. Masih berjalan kaki sambil memanggul alat penyemprot, mereka tetap semangat bekerja di pusat Kota Kawangkoan sampai di areal SPBU Kawangkoan.

“Total personil yang melakukan penyemprotan sebanyak 30 orang. Dibantu 2 unit kendaraan damkar dan 20 unit alat semprot,” jelas Kepala Dinas Damkar Minahasa, Alex Mamesah. (Kelly Korengkeng)