Damopolii Sosialisasi Aturan Pencairan BOS Afirmasi dan Kinerja ke Para Kepsek

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongongow Timur (Boltim), Yusri Damopolii memaparkan syarat ketentuan dan teknis pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja 2019, kepada Kepala Sekolah (Kepsek) se-Boltim, Selasa (17/3).

Diungkapkan, BOS Kinerja adalah program pemerintah pusat yang disalurkan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan.

“BOS Afirmasi adalah program pemerintah pusat untuk daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T. Tertinggal, terdepan, dan terluar. Jenis BOS Afirmasi dan Kinerja syaratnya adalah, Afirmasi menerima BOS reguler tahun 2019, sekolah negeri aktif, mengisi dapodik (data pokok pendidikan) tiga semester terakhir. Mempunyai sumber listrik dan internet,” terang Damopolii.

“BOS Kinerja memiliki jumlah siswa paling sedikit 60 untuk Sekolah Dasar (SD) , 90 SMP, 180 untuk SMA/SMK, kecuali SLB. Sekolah negeri aktif, mengisi dapodik 3 semester terakhir, pPenerima BOS reguler,” sambungnya.

Menurutnya, aturan ini sangat jelas sesuai Permendikbud No 31 tahun 2019. Untuk BOS Afirmasi dan Kinerja tahun 2019 ditransfer oleh pemerintah pusat melalui rekening sekolah pada tanggal 31 Desember 2019.

“Sehingga belum bisa digunakan pada tahun 2019. Nanti di tahun 2020 baru bisa digunakan melalui pergeseran RKA sekolah. Sesuai Permendikbud No 31 tahun 2019, komponen yang dibelanjakan hanya 2 item saja. Komponen penyediaan fasilitas akses rumah belajar, di antaranya pengadaan tablet, laptop, LCD proyektor, jaringan nirkabel, hard disk. Dan komponen pembiayaan daya dan jasa melalui SIPlah (Sistem Pengadaan Sekolah),” ujarnya.

Selain itu kata dia, ada juga syarat dan ketentuan pencairan harus membawa RKAS, bukti pembelian/pesanan/invoice dari SIPlah  dari kementerian pusat dan rekom dari Diknas.

“Daftar penerima sekolah BOS Afirmasi dan Kinerja ada 21 sekolah. BOS Afirmasi antara lain SDN Guaan, SDN Idumun, SDN Badaro, SDN Tobongon, SDN 1 Buyat, SDN 1 Nuangan 1, SDN 1 Motongkad, SDN 1 Bai, SDN 1 Buyat 2, SDN 1 Tutuyan 2, SDN 1 Iyok, SMPN 1 Nuangan, SMP Satap Bai, SMP Satap Badaro, SMP Satap Tobongon, SMP Satap Bukaka,” ungkapnya.

“Sedangkan Bos Kinerja, SDN 1 Moyongkota, SDN 1 Dodap pantai, SDN 1 Bulawan, SDN 1 Kokapoi, dan SMPN 3 Tutuyan,” terang Damopolii.

Ia menambahkan, penerimaan BOS Afirmasi dan Kinerja, baru kali di Boltim. “Jadi untuk Bapak/Ibu Kepsek, melalui sosialisasi kali ini agar paham betul mengenai aturan dan syaratnya,” pungkas Damopolii. (Tim Man)