Dana BOS Januari-April Belum Cair, DPRD Sulut Bicara

MANGUNINEWS.COM, Manado – Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut). Wakil rakyat menerima aduan bahwa hingga kini anggaran tersebut belum juga turun. Desakan untuk segera menyalurkannya mengalir deras.

Kabar tersebut diterima Anggota Komisi IV DPRD Sulut, Melky Pangemanan dari seorang guru honorer perihal pencairan dana BOS yang tak kunjung datang. Padahal Surat Keputusan (SK) pencairan telah terbit sejak tanggal 2 April 2020.

“Mereka sudah pernah menanyakan ke Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut ke bagian yang menanganinya,” tegas Melky, baru-baru ini

Dana BOS yang belum cair adalah mulai bulan Januari hingga April 2020. Hal ini akhirnya berimbas pada guru-guru honorer. “Dimana sampai hari ini hampir 3 bulan mereka belum menerima gaji,” ungkap Pangemanan.

Wakil rakyat daerah pemilihan Minahasa Utara dan Bitung ini langsung meneruskan aduan warga guru honorer tersebut kepada Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut. Seraya berjanji akan mengawal aduan tersebut.

“Akan mengawal aduan tersebut sampai terealisasi pencairan dana BOS sehingga gaji para guru honorer bisa dibayarkan,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia Sulut tersebut. (Eka Egeten)