Dibawa Kepemimpinan dr. Nancy, RSUD Sam Ratulangi Tondano Raih Akreditasi Paripurna Bintang 5

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sam Ratulangi Tondano, Kabupaten Minahasa meraih Akreditasi Paripurna Bintang 5. Akreditasi tersebut diberikan Lembaga Akreditasi Rumah Sakit (LARS) Damar Husada Paripurna (DHP).

Hal ini, dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan Rumah Sakit di Kabupaten Minahasa.

Direktur RSUD Sam Ratulangi Tondano dr Nancy Mongdong MHSM, Sp.PD mengatakan bahwa akreditasi ini dilakukan setiap 3 tahun dan menjadi indikator bagi rumah sakit dalam melakukan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

“Ini merupakan suatu kebanggaan, karena mengingat hasil akreditasi ini adalah yang tertingi dengan predikat paling sempurna, yaitu Paripurna Bintang 5,” jelas dr Nancy Mongdong kepada media ini, Rabu (18/10).

Dilanjutkannya, dalam penilaian, ada beberapa hal yang disurvei oleh LARS-DHP. Seperti sistem tata kelola rumah sakit, sumber daya manusia.

“Ada juga komponen sarana dan prasarana, dan tata cara pemberian pelayanan kesehatan dalam 16 Bab penilaian,” kata dr. Nancy.

Sambunya, bahwa 16 Bab penilaian itu mencakup, Tata kelola RS, Kualifikasi dan pendidikan staf, Manajemen fasilitas dan keselamatan, Peningkatan mutu dan keselamatan pasien, Managemen rekam medis dan informasi kesehatan.

“Juga Pencegahan dan pengendalian infeksi, Pendidikan dalam pelayanan kesehatan, Akses dan kesinambungan penlayanan, Hak pasien dan keterlibatan keluarga, Pengkajian Pasien, Pelayanan dan asuhan pasien,” urainya.

Selain itu, Pelayanan anastesi dan bedah, Pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat, Komunikasi dan edukasi, dan Sasaran keselamatan pasien, serta Program nasional.

dr. Nancy Mongdong mengatakan dengan meraih akreditasi ini menjadi motivasi bagi manajemen dan seluruh staf agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu harapan kedepan status paripurna ini terus dipertahankan, dan menjadi motivasi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang mengacu kepada keselamatan pasien serta dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Rumah Sakit,” tutup Dirut RSUD Sam Ratulangi Tondano. (Glen)