Diduga Lakukan TP Penipuan Online, SM Colong Uang Korban Ratusan Juta Rupiah

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Seorang perempuan SM alias Susan, warga Kelurahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan, dilaporkan ke Kepolisian Resor (Polres) Tomohon atas dugaan tindak pidana (TP) penipuan online belum lama ini.

Peristiwa tersebut terjadi pada bulan September dan Oktober tahun 2020. Kala itu SM membujuk kepada lelaki BR alias Bill untuk meminjam sejumlah uang. Kemudian BR menghubungi orang tuanya untuk meminjamkan uang kepada SM.

Januari 2021, orang tua BR hendak meminta uang yang telah SM pinjam kepadanya untuk dikembalikan. Namun SM tidak mengembalikan uang tersebut dan mengatakan kepadanya bahwa uangnya telah SM investasikan pada investasi online trading forex.

Menanggapi persoalan ini, BR merasa keluarganya menjadi korban penipuan dari SM.

“Diming-imingi keuntungan tiap bulan dan berjanji sewaktu-waktu kami keluarga akan mengambil kembali modal kami, yang bersangkutan akan mengembalikan modal keseluruhan sesuai surat dan ditandatangani di atas materai,” ujarnya.

“Tapi ternyata yang bersangkutan tidak bertanggungjawab mengembalikan uang keluarga kami, dan menggelapkan yang uang kami apabila dikumpulkan berjumlah ratusan juta,” terang BR.

Diketahui, pihak korban sudah memberikan somasi sebanyak tiga kali, namun tidak di gubris oleh SM.

Penulis: Denny Pongayow