Digelar 5 Tahun Sekali, Dinas P2KB Mitra Pastikan Gelar Pendataan Keluarga

MANGUNINEWS.COM, Mitra –Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Minahasa Tenggara (Mitra), melalui dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Mitra dipastikan akan melaksanakan Pendataan Keluarga Tahun 2021. Dimana kegiatan ini dicanangkan oleh kementerian melalui BKKBN Pusat dan dilaksanakan pemerintah kabupaten melalui dinas P2KB Mitra.

Kepala dinas Pegendalian Penduduk dan Keluarga Berencana P2KB Mitra, Royke Lumingas SH, Saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (9/3/21), Kepada ManguniNews mengatakan direncanakan oleh tim pendata dinas P2KB Mitra akan turun ke desa dan kelurahan dalam Pendataan Keluarga.

“Jadi sebelum kami melaksanakan pendataan keluarga, Dinas P2KB Mitra sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke pemerintah desa, akan diadakan Pendataan Keluarga. Dimana pendataan keluarga ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan 5 tahun sekali, “Ujar Lumingas.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan pendataan keluarga bertujuan tentang pendataan keluarga berencana dalam pemetaan keluarga dalam pembangunan keluarga sangat penting dilihat dari strata pendidikan, ekonomi karena berpengaruh dalam pendapatan keluarga dan jumlah keluarga berpengaruh dalam pendapatan keluarga.

“Pendataan ini bukan hanya BKKBN dan dinas KB yang gunakan tapi juga pemerintah desa ada keterkaitan, makanya pendataan ini sebagaimana surat edaran kemendagri harus disuport oleh gubernur, bupati, walikota, camat dan hukum tua, karena ada keterkaitan semua karena ini database, “terangnya.

Untuk diketahui tim pendata Pendataan Keluarga 2021
di 135 desa dan 9 kelurahan di 12 kecamatan yang ada di Minahasa Tenggara berjumlah total 791 orang pendata.

“Kegiatan pendataan ini akan dor to dor rumah kerumah guna pemetaan data penduduk, kesehatan, pendidikan dan ekonomi, dan untuk melihat juga mana staunting yang mempunyai keterbatasan, maka secara nasional pada 1 april kegiatan ini dilaksanakan hingga 31 mei, “Pungkas Mantan Kadis PMD Mitra ini.

Penulis: Herie Soriton