Dihadang Sejumlah Faktor, Pilhut 99 Desa di Minahasa Tunda 2021

118
Denny Mangala

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Agenda pesta demokrasi pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di 99 desa di Kabupaten Minahasa, yang rencananya digelar tahun ini dipastikan ditunda 2021. Hal itu diungkapkan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring M.Si., melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Dr. Denny Mangala M.Si., Senin (22/6).

“Ya, Pilhut yang rencananya akan digelar tahun ini, ditunda tahun 2021,” kata Mangala.

Ia menjelaskan, penundaan pelaksanaan Pilhut tahun ini, lantaran ada beberapa faktor. Pertama, anggaran Pilhut telah dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Kedua, setelah penundaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), otomatis Pilhut juga ikut ditunda.

“Jika ini dipaksakan, akan berbenturan antara politik nasional dan politik di desa. Dengan dasar itu, Pilhut tidak dilaksanakan tahun ini, dan ditunda tahun depan,” jelas Mangala.

Namun begitu, para Hukum Tua yang berstatus pelaksana tugas (Plt) dan pejabat harus tetap prioritas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Ya, jika tidak memberikan pelayanan terbaik sesuai visi dan misi bupati dan dan wakil bupati, tentu akan dievaluasi,” tegas Mangala.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memahami terkait penundaan pelaksanaan Pilhut di tahun ini. “Diimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan kamtibmas yang ada di desa masing-masing, sambil menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pinta Mangala. (Kelly Korengkeng)