Dinas PUPR Mitra Gelar FGD Penyusunan Revisi RTRW, Ini Kata Kabid Kromo

MANGUNINEWS.COM,Mitra – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Mitra mengelar kegiatan Penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Presentasi yang dilaksanakan melalui Focus Groub Disscusion (FGD), yang dibuka  Asisten II Frits Mokorimban,  Bertempat di Gedung D,Jtos, Ratahan, Rabu (3/11/21).

Pemkab Mitra melalui Asisten 2 Frits Mokorimban dalam sambutannya mengatakan Puji syukur kepada Tuhan kegiatan ini boleh dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kegiatan presentasi laporan pendahuluan revisi rencana tata ruang wilayah kabupaten Mitra 2013-2033.

“Penataan Ruang adalah suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang penyelengaaraan penataan ruang adalah kegiatan yang meliputi pengatuaran, pembinaan,pelaksanaan dan pengawasan penata ruang, “Ujarnya.

Lanjut dia sesuai UU No.26 tahun 2007 tentang penataan ruang yang dioperasionalisasikan dengan peraturan pemerintah nomor 15 tahun 2010 tentang penyelengaraan tataruang mengamanatkan bahwa dalam tahapan penyusunan RTRW, disusun dengan melibatkan para pemangku kepentingan (Stackholder), dengan memperhatikan beberapa aspek.

“Aspek ini diantaranya:
– Aspek kepentingan pertumbuhan ekonomi
-Aspek kepentingan pendayagunaan dan pengembangan sosial budaya
-Aspek kepentingan pengembangan teknologi
– Sudut kepentingan pemberdayaan dan perlindungan lingukungan hidup.

Dan rencana tata ruang wilayah berpedoman untuk beberapa penyusunan, pemanfaatan, mewujudkan, penetapan dan penataan.

“Adapun rencana tata ruang wilayah kabupaten Mitra disusun pada tahun 2013, seiring berjalannya waktu dengan perkembangan dan dinamika pembangunan maka mengharuskan suatu revisi rencana tata ruang di Mitra, dan kami berharap peserta FGD ini bisa memberikan masukan dalam penyempurnaan konsep revisi rtrw dan akan menjadi solusi permasalahan kebutuhan masyatakat , guna meningkatkan investasi dan memberikan lapangan kerja serta mengatasi kemiskinan dan pemerataan pembangunan, “Tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Mitra Rommy Ole ST, melalui Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Mitra Cinthia Kromo ST, Kepada sejumlah wartawan menjelaskan, Tujuan digelarnya kegiatan ini adalah kita menghimpun masukan-masukan dari perangkat daerah terkait revisi tata ruang daerah.

“Dimana fokus revisi ini untuk satu kabupaten, yang akan dipakai 20 tahun kedepan, jadi semua kecamatan menjadi fokus revisi, dan Perda kabupaten Mitra No 3 tahun 2013 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten Mitra tahun 2013-2033,  dan saat ini Perda 2013 yang akan kita revisi. Dan kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh pimpinan-pimpinan SKPD guna menghimpun satu masukan terkait revisi tata ruang, “Kata Kabid Cinthia Kromo.

Kegiatan ini turut dihadiri Para Asisten, Kepala Kantor ATR/BPN kabupate Mitra, Perwakilan Kepala-kepala SKPD di Lingkup Kabupaten Mitra, Tim Konsultan Revisi RTRW dan Seluruh peserta.

Penulis: Herie Soriton

Editor: Lefrando Gosal