Dinilai Gagal Total, Serikat Aksi Rakyat Sulut Dengungkan ‘Erick Out’

412

MANGUNINEWS.COM, Manado – Tuntutan agar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia (RI), Erick Thohir mundur atau dicopot dari jabatannya, kini mulai didengungkan di beberapa daerah di Indonesia.

Kali ini, Selasa (22/9), sejumlah aktivis Serikat Aksi Rakyat Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan aksi.

Mereka menegaskan, agar Erick Thohir segera mundur dari jabatannya, karena dinilai telah gagal memimpin Kementerian BUMN serta sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menurut mereka, Erick Thohir telah gagal total mengelola Kementrian BUMN.

“Dimana telah terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) lebih dari 4.000 pekerja BUMN, kerugian beberapa BUMN seperti Pertamina 11 Triliun, Laba PGN ambruk 87 %, Garuda rugi 10 Triliun, PT KAI rugi 1,3 Triliun dan masih banyak lagi BUMN lainnya merugi,” terang Roy Liow didampingi aktivis lainnya yakni, Andrih, Jose, Ica Marvelo, Feibyanti.

Kemudian, dinilai kebijakan membentuk struktur jabatan BUMN tidak efisien.

“Semisal staf khusus direksi bergaji 50 juta dengan jumlah yang bisa mencapai ribuan, pengangkatan direksi dan komisaris yang tidak transparan serta rangkap jabatan,” tukasnya.

Sehingga bagi mereka jelas sangat menyakiti hati rakyat Indonesia, apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang.

Liow juga menambahkan, Erick Thohir gagal dalam menangani permasalahan Covid-19.

“Erick gagal, dimana penanganan Covid-19 semakin amburadul, sehingga tingkat infeksi semakin tinggi. Juga di bidang ekonomi dalam 10-20 hari kedepan, Indonesia bakal memasuki jurang resesi dimana pertumbuhan ekonomi diprediksi minus,” jelas Liow.

Selain orasi, massa aksi juga membentangkan spanduk bertuliskan ‘Erick Out’.

Aksi ini dilaksanakan serentak secara nasional di 25 Provinsi.

Diketahui, aksi ini dimulai dari pagi sampai siang hari di sejumlah titik BUMN di Kota Manado antara lain BNI, BRI, Pegadaian, PLN, Jiwasraya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni, jaga jarak dan memakai masker. (Anugrah Pandey)