Dinkes Minahasa Optimis 6 Puskesmas Lolos Akreditasi

166
Maya Rambitan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Minahasa dipastikan akan diakreditasi. Pencapaian optimal pun dibidik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa. Itu terlihat dari berbagai persiapan yang terus dimatangkan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa, dr. Maya Rambitan saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (18/02), tak menampik hal ini.

“Ada enam puskesmas yang akan mengikuti akreditasi, yakni Puskesmas Kakas Barat, Puskesmas Kombi, Puskesmas Kawangkoan Barat, Puskesmas Remboken, Puskesmas Manembo, Puskesmas Tombulu,” bebernya.

Ia menjelaskan, selain sejumlah persiapan yang terus digenjot, pihaknya juga telah memberikan himbauan kepada 6 puskesmas yang akan diakreditasi untuk terus melakukan peningkatan mutu pelayanan.

“Persiapan yang dilakukan seperti membenahi infrastruktur dan SDM (sumber daya manusia). Selain itu, setiap puskesmas dihimbau untuk berinovasi, meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja dengan peningkatan program tiap-tiap puskesmas,” terangnya sembari menjelaskan jika semua tahapan sudah dimulai sejak bulan Januari lalu.

Diakui Rambitan, guna menyukseskan hal ini, Dinkes juga telah menggandeng lintas sector, baik Pemerintah Kelurahan, Desa, Kecamatan hingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

“Kami terus berkoordinasi. Karena selain enam puskesmas itu, ada empat puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi. Kami optimis semuanya akan lolos,” pungkasnya. (Kharisma)