Diperiksa PPNS Atas Dugaan Pelanggaran Prokes, Akper Bethesda Tomohon Akui Lalai

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Tomohon melalukan penindakan terhadap Akademi Keperawatan (Akper) Bethesda Tomohon atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Covid-19 pada acara wisuda belum lama ini.

Melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), pihak penyelenggara acara wisuda Akper Bethesda Tomohon diperiksa di ruang penyidikan Satpol PP Kota Tomohon.

Dalam pemeriksaan pada Senin (18/10/2021), mereka mengakui lalai. Hal ini dikuak PPNS, Geralisya Polii, S.H., kepada media ini.

“Jadi PPNS sudah melakukan pemeriksaan klarifikasi dengan Direktur Akper Bethesda dan mereka mengakui lalai,” ungkapnya.

Polii pun menjelaskan, bahwa pihak penyelenggara kegiatan tidak mengundang orang tua untuk hadir di acara itu. “Jadi mereka harap tidak ada orang tua yang datang di acara wisuda tersebut, karena kan ada live streaming,” jelasnya.

“Mereka pikir mungkin dari mahasiswa yang sudah menghubungi orang tua mereka untuk datang jemput sampai akhirnya mereka datang,” sambung Polii.

Ia mengatakan, pihak penyelenggara sudah menyediakan dua security untuk menjaga gerbang.

“Agar supaya tidak ada yang masuk selain panitia, wisudawan wisudawati dan undangan. Tapi setelah acara selesai, mereka juga kaget,” terangnya.

Untuk koordinasi berikutnya, ia membeberkan akan dilanjutkan ke tingkat atas Satgas Covid-19.

“Karena mereka sudah akui itu kelalaian mereka, jadi koordinasi selanjutnya ke tingkat atas Satgas Covid-19. Kalau dari pihak kami sudah selesai bahwa inilah hasil pemeriksaan dari PPNS,” pungkasnya.

Diketahui, mereka diperiksa untuk diminta keterangannya terkait laporan dugaan pelanggaran prokes Covid-19 di kota Tomohon, sesuai dengan Perda Kota Tomohon Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Penulis: Anugrah Pandey