Dirjen ‘Briefing’ Peserta Program Doktor Skema Sandwich ke Korea

139

MANGUNINEWS.COM, Manado – Program beasiswa doktor dengan skema sandwich dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, yang dipercayakan penuh penyelenggaraannya ke Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, terus dimatangkan. Itu terlihat dari sejumlah persiapan yang terus digencarkan.

Terbaru, pemantapan keberangkatan dimatangkan dengan kegiatan ‘Briefing Keberangkatan Program Doktor Skema Sandwich ke Torch Trinyty Graduate University Korea Selatan’ yang digelar di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Minggu (23/02).

Pemberian arahan yang dipimpin langsung Dirjen Bimas Kristen, Prof. Thomas Pentury ini, merupakan program untuk penerima beasiswa skema sandwich periode 2 Maret-2 Juni 2020.

Pentury dalam kesempatan itu berharap para mahasiswa Doktor bisa mengambil kesempatan dalam program sandwich ini guna memperkaya pengalaman akademik dan keilmuan pada perguruan tinggi tingkat dunia.

“Sebagai calon pemimpin, ilmuwan, para mahasiswa program Doktor harus menjalin koneksi dengan para ilmuwan di pusat-pusat keilmuan dunia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sebagai program afirmatif Ditjen Bimas Kristen, maka pihaknya telah melakukan seleksi dengan mekanisme rekrutmen yang ketat. Sehingga para peserta yang terjaring dalam program ini benar-benar berorientasi pada pengembangan diri sebagai ilmuwan dan bekerja untuk ilmu pengetahuan dan agama.

“Program skema sandwich ke Korea ini sekaligus sebagai proses pencarian model bagaimana skema sandwich terbaik yang bisa dijalankan,” terangnya.

Oleh karena itu, guna mensukseskan program ini maka pihaknya telah melibatkan Guru Besar sebagai ‘academic advisor’ (penasehat academic, red).

“Harapannya Guru Besar bisa menimba pengalaman di luar negeri sekaligus melakukan academic rechargement,” asa Pentury sembari menegaskan jika program sandwich ke Korea selama 3 bulan ini bukan satu-satunya sandwich selama studi, tetapi terbuka kemungkinan untuk melakukan perjalanan sandwich ke perguruan tinggi di Asia Tenggara, Eropa Barat atau Eropa Timur.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktur Pendidikan Tinggi Ditjen Bimas Kristen Dr. Pontus Sitorus, Kasubdit Pendidikan Tinggi Ditjen Bimas Kristen Dr. Suwarsono, Ketua Implementing Unit Program Doktor dan Kerjasama Luar Negeri sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Akademik Prof. Achmad Syahid, Rektor IAKN Manado Dr. Jeane Marie Tulung. (Kharisma)