Disdukcapil Minahasa Layani Publik via SMS dan WA

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa lakukan pelayanan lewat short message service (SMS) dan Whatsapp (WA).
Kebijakan itu diambil dalam rangka menindaklanjuti anjuran pemerintah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Peningkatan pelayanan di masa pandemi ini terhitung berlaku sejak Selasa (28/4) ini. Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Minahasa, Drs. Luvy Rumate didampingi Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Olivia Singkoh, S.Pt.

Dijelaskan untuk layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi pemula, dilakukan langsung di kantor, karena harus melakukan perekaman data. Waktu layanan ini juga sudah diatur. Loket dibuka dari pukul 08.00-10.00 Wita.

“Pukul 11.00 sampai 16.00 sore, waktu untuk penyelesaian berkas. Dan jika warga mengirimkan berkas di atas jam 11.00, maka keesokan harinya harus dikirimkan lagi,” jelas Rumate sembari menyebutkan sejumlah nomor telepon yang bisa dihubungi lewat SMS dan WA.

Rumate menegaskan, pihaknya tidak melayani telepon untuk mengurus dokumen kependudukan bagi warga Minahasa.

Ditambahkan Singkoh, waktu pemasukan berkas yang dibatasi hanya sampai jam 11.00 Wita itu, mengingat fasilitas yang digunakan baru sebatas SMS dan WA, yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk memprosesnya.

“Yang pasti kami menunjang pencegahan Covid-19 dengan tidak melalaikan kebutuhan masyarakat untuk mengurus dokumen,” tandasnya. (Kelly Korengkeng)