Ditandai Pemukulan Tetengkoren-Tambur, Rangkaian Kegiatan Hardiknas 2021 Dibuka

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Bertempat di Anugerah Hall Tomohon, Jumat (30/4), rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 resmi dibuka, dengan di awali ibadah syukur yang dipimpin Ketua TP-PKK Kota Tomohon, Ny. drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng.

Dalam khotbahnya, mengingatkan kepada kita bagaimana mengimplementasikan sikap sesuai dalam bacaan yang diambil dalam Amsal 1:7 ‘Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan’.

“Takut akan Tuhan adalah suci dan kudus, tentunya hal ini harus nyata dalam kita berperilaku lewat pikiran, perkataan dan perbuatan. Berdirilah teguh di atas firman Tuhan, takut akan Tuhan akan disayang Tuhan, orang yang takut akan Tuhan tidak akan berkekurangan, takut akan Tuhan akan memperpanjang umur kita,” ungkapnya.

Wali Kota Tomohon, Caroll J.A. Senduk, S.H., dalam sambutannya mengatakan, kita tidak bisa menjadikan pandemi Covid-19 sebagai alasan untuk tidak melaksanakan kegiatan dan berinovasi, terutama dalam bidang pendidikan. Tetapi kita semua diajak untuk bersama-sama berdoa dan berharap agar pandemi Covid-19 dapat segera berlalu.

“Aktivitas sekolah mulai kita buka secara terbatas. Seluruh peserta didik dan pendidik, bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena ikatan antara peserta didik dengan pendidik tidak bisa digantikan dengan teknologi pembelajaran virtual apapun,” katanya.

Diharapkannya, peringatan Hardiknas 2021 dapat menjadi momentum kebangkitan dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19, sesuai tema ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’.

“Semangat Hardiknas kiranya melahirkan generasi yang unggul, cerdas, berkarakter, adaptif dan hebat dalam menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes., menguraikan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka Hardiknas 2021.

“Yakni ibadah syukur yang telah dilaksanakan saat ini, disusul kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan simulasi kesiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sedangkan upacara bendera dan pencanangan PTM terbatas, akan digelar hari Senin 3 Mei 2021,” jelasnya.

Ia pun mengajak bersama-sama memajukan pendidikan di kota Tomohon, seiring dengan motto Dikda Kota Tomohon CSWL (Cerdas Sejahtera Wujudkan Tomohon Luarbiasa).

Pembukaan rangkaian kegiatan ditandai dengan pemukulan tambur dan tetengkoren.

Penulis: Anugrah Pandey