Diterima Kepala BPK Sulut, Bupati JS Serahkan LKPD Dan IHPD 2020

MANGUNINEWS.COM, Mitra – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap, SH, didampinggi Ketua DPRD Marty M Ole, M.Sn, menyerahkan LKPD Unaudited dan IHPD Tahun 2020, dan diterima oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, di Manado, Pada Selasa (9/3/2021).

Adapun Penyerahan LKPD Unaudited dan IHPD ini diterima Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Karyadi, S.E, M.M, Ak, CA, CFrA, CSFA, disaksikan Gubernur Sulut dan Wali Kota/Bupati se-Sulut yang hadir.

Diketahui penyampaian LKPD Unaudited merupakan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 56 yang menyatakan gubernur/bupati/walikota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Suatu kebanggaan bahwa dalam pengelolaan laporan keuangan yang baik, maka Kabupaten Mitra telah lima kali berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara beruntun.

Bupati James Sumendap, menyampaikan pengelolaan dan administrasi keuangan yang baik bukan hanya demi sekedar capaian atau prestasi, namun sebuah kewajiban dari pemerintah.

“Untuk Pengelolaan dan administrasi keuangan yang baik merupakan kewajiban pemerintah dan kami berkeyakinan WTP bisa kembali diraih, ” tandas Bupati JS.Sembari memberikan apresiasi bagi semua pihak yang mendukung, lebih khusus bagi jajaran Pemkab Mitra dalam pengelolaan dan administrasi keuangan yang baik, serta DPRD Mitra dalam pengawasannya.

Sementara itu Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE, berharap agar Pemprov dan Pemda di 15 kabupaten dan kota dapat menyajikan LKPD dengan menjaga akurasi, serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Dan besar harapannya agar BPK dapat memberikan masukan terhadap LKPD yang telah disampaikan Pemprov bersama seluruh pemda di Sulut.

“Tentunya harapan kami, manajemen pengelolaan keuangan daerah semakin transparan, akuntabel, efektif dan efisien, ”tutur Gubernur Olly tersebut.

Turut serta juga dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra, David H Lalandos, AP,MM, Asisten III, Ir Elly Sangian, ME, Inspektur Daerah, Dra Marie M Makalow, Kepala BPKPD, Dr Mecky Tumimomor, SE, M.Si dan kabag Prokopim, Novry Raco,S.Sos.

Penulis: Herie Soriton