DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dalam sidang bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung Manguni Sasaran Tondano.

Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Glady Kandouw, diikuti Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring MSi IPU Asean, Eng, bersama Wakil Bupati Minahasa DR Robby Dondokambey S.Si lewat video conference.

Sementara itu, Ketua DPRD dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Minahasa di dampingi Wakil Ketua Okstesi Runtu, SH, M.Si dan Denny Kalangi juga Forkopimda Minahasa yakni Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Helbert Andi Amino Sinaga, SIP, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH MKn, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu S.Sos, Anggota DPRD Minahasa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo, M.Si, Asisten Administrasi Umum Setda Kab Minahasa DR Vicky Ch.H.S Tanor, SPi, MSi, Sekretaris DPRD Dolfie Kuron, beserta jajaran pemerintah kabupaten Minahasa.

Dalam rapat paripurna istimewa ini, seluruh peserta mendengarkan pula Pidato Presiden Republik Indonesia Dalam Rangka Penyampaian pengantar dan keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2021 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2020-2021.

Dalam Pidato Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menyampaikan bahwa perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada tahun ini berbeda dengan perayaan di tahun-tahun sebelumnya karena saat ini negara indonesia sedang dilanda dengan pandemi covid-19 bukan hanya di negara Indonesia saja tetapi juga di negara- negara lain terkena dampak pandemi covid-19. Namun presiden Republik Indonesia tetap mengingatkan kita untuk tetap memaknai hari kemerdekaan Republik Indonesia ini dengan penuh semangat dan pantang menyerah.

Dalam pidato penyampaian nota keuangan atas RAPBN 2021, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan Rancangan kebijakan APBN 2021 diarahkan untuk pertama mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19; kedua, mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, dan daya saing ekonomi; ketiga, mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital; serta keempat, pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi.

Forum Komunikasi Pemimpin Daerah Kabupaten Minahasa menyampaikan atas nama pemerintah dan segenap rakyat Kabupaten Minahasa mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 75. Kiranya Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin maju, semakin sejahtera kedepan. Indonesia hebat Sulawesi Utara hebat dan Kabupaten Minahasa hebat. (Kelly Korengkeng)