Gagahi Anak di Bawah Umur hingga Hamil, Warga Tondano Dibekuk Totosik

ilustrasi (fimele.com)

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Peristiwa memilukan terjadi lagi di Kota Tomohon. Aksi memiriskan dilakukan T (18), warga Kelurahan Kiniar, Tondano Timur, Kabupaten Minahasa. Lelaki ini tega mencabuli anak di bawah umur, warga Kecamatan Tomohon Selatan, hingga hamil.

Peristiwa ini terjadi sejak korban masih berumur 16 tahun. Kejadian itu ia alami di tempat kost dan rumah korban.

Penangkapan terhadap pelaku pun langsung dilakukan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon, setelah ada laporan dari orang tua (ibu) korban.

“Persetubuhan terjadi waktu korban baru berusia 16 tahun. Pelaku dan korban memiliki hubungan pacaran sejak September 2019. Keduanya sejak pacaran sudah berpindah-pindah tempat kost. Bulan Februari sampai dengan Maret 2020, dari Kelurahan Kolongan, Kecamatan  Tomohon Tengah ke Kelurahan Matani 2, Kecamatan Tomohon Tengah, serta Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah,” kata Kepala Tim (Katim) URC Totosik, Bripka Yanny Watung.

Pelaku dan korban diketahui sempat tinggal bersama di rumah korban.

“Pada akhir bulan Maret sampai dengan akhir April 2020, pelaku tinggal bersama korban di rumah korban. Selama berpindah-pindah kost dan tinggal di rumah korban, keduanya melakukan hubungan badan layaknya suami-istri secara berulang-ulang. Hubungan badan pertama kali dilakukan bulan September 2019, saat korban berusia 16 tahun. Kejadiannya di rumah temannya di Kelurahan Paslaten, Kecamatan Tomohon Timur,” terang Watung.

“Korban selalu dibujuk dan dirayu setiap akan melakukan hubungan badan, hingga akhirnya hamil 3 bulan. Pelaku saat diminta pertanggung jawaban oleh korban, selalu menghindar dan tidak mau mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tambah Watung.

Akibat perbuatannya, pelaku akhirnya dijemput petugas untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum.

“Tim melakukan pengembangan dan pencarian ke rumah Tondano, rumah pelaku tapi tidak ada. Jumat (5/6) 2020, di ruas jalan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan, dengan bantuan korban, memancing pelaku untuk mengambil pakaiannya yang masih ada di rumah korban. Sekira jam 23.00 Wita, saat pelaku datang mengambil pakaiannya, saat itu pelaku langsung diamankan tim Tostosik dan pelaku dibawa ke Polres Tomohon untuk diproses lebih lanjut,” tegas Katim URC Totosik. (Denny Pongayow)