Gaji Tak Kunjung Cair, Sejumlah Guru Kontrak Mengeluh

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Guru kontrak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengeluh. Keterlambatan gaji berturut-turut dari bulan November sampai Desember di Dinas Pendidikan (Dispendik) Boltim, Jadi alasan, Rabu (1/27).

Saat dikonfirmasi, MANGUNINEWS.COM Kadis Pendidikan, Yusri Damopolii, menjelaskan Bahwa gaji honorarium tetap akan dicairkan.

“Gaji honorarium tetap akan dicairkan
walaupun ada pergeseran anggaran terpaut dampak Covid-19,” ujar Damopolii.

“Pada perencanaan awal tahun anggaran 2020, pada dasarnya Pemda siap membiayai guru kontrak, namun setelah tes dilaksanakan, tiba tiba ada pergeseran anggaran terpaut pembiayaan dampak covid 19.
Oleh karena itu, kuota anggaran tidak mampu membiayai sampai tahun anggaran selesai. Namun honorarium guru kontrak bulan November dan Desember 2020 telah dianggarkan pada tahun 2021 ini. Dan siap dicairkan tinggal menunggu postingan anggaran oleh dinas pendapatan dan keuangan Pemda Boltim,” papar Kadis Pedidikan dan Kebudayan ini.

Iya juga mengatakan gaji honor kontrak guru maupun operator akan di bayarkan di akhir bulan ini.

“In Syaa Allah, akhir bulan ini sudah boleh dibayarkan,” tuturnya.

terkait hal ini, salah satu guru kontrak mengatakan bahwa tidak ada jawaban pasti tentang gaji dua bulan yang tertunda yang akan dibayarkan Dikbud.

“Nyada ada jawaban pasti mengenai torang pe gaji ini yang dua bulan nda dibayarkan. Kurang salalu mo singgung masalah SK, Mar nda pernah singgung torang pe gaji,” tegas guru kontrak yang tak mau namanya d sebut.

Senada disampaikan salah satu operator sekolah tentang pengeluhan terhadap gaji mereka yang sampai saat ini belum juga ada kepastian.

“hingga saat ini tidak ada konfirmasi langsung dari pihak berwenang,
Kami hanya selalu disuruh untuk sabar dan menunggu konfirmasi yang tidak tahu akan sampai kapan,” ungkap operator sekolah yang tidak mau namanya disebut.

Penulis : Apunk Sarundayang
Editor : phy