Gelar Donor Darah, Mapala Technology Tuai Apresiasi

Minahasa – Dalam rangka menyambut Hari Donor Darah Sedunia atau ‘World Blood Donor Day’, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Technology, Fakultas Teknik (Fatek), Universitas Negeri Manado (Unima), bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tomohon, gelar aksi donor darah bertajuk ‘Give Blood Save Lives’. Agenda ini dilaksanakan Pukul 09:00 – 13:00 Wita, di Gedung Auditorium Unima, Kamis (13/06/24).

Terpantau, dalam kegiatan donor darah kali ini ada sekitar 40 calon pendonor, yang terdiri dari anggota Mapala Technology, dosen dan pegawai Fakultas Teknik, serta mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Unima.

Dekan Fatek Universitas Negeri Manado Dr. Djubir R. E. Kembuan, M.Pd, dan Wakil Dekan III Fatek Universitas Negeri Manado Dr. Christine Manoppo, M.A.P.,
Dekan Fatek Universitas Negeri Manado Dr. Djubir R. E. Kembuan, M.Pd, dan Wakil Dekan III Fatek Universitas Negeri Manado Dr. Christine Manoppo, M.A.P.,

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Fakultas Teknik (Fatek), Dr. Christine Manoppo, M.A.P., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Mapala Technology yang sudah mengadakan kegiatan donor darah ini.

“Saya berharap UKM Mapala Technology Fatek Unima ini juga dapat konsisten melakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk ke depannya. Baik kegiatan kemanusiaan maupun kegiatan yang dapat mengharumkan nama Fatek Unima. Mantap Mapala Technology,” ujarnya.

Peserta Pendonor Darah
Peserta Pendonor Darah

Diketahui, jumlah pendonor yang terkonfirmasi, diambil 26 kantong dan 14 pendaftar pendonor tidak lolos kriteria yang ditetapkan oleh PMI Tomohon.

Artur Malonda selaku pelaksana dari PMI Kota Tomohon, mengatakan ada banyak hal yang membuat peserta tidak dapat mendonorkan darahnya. Di antaranya adalah tekanan darah dan hemoglobin tidak memenuhi syarat, serta berat badan yang tidak mencukupi standar minimum.

“Terima kasih banyak karena telah mengadakan kegiatan donor darah ini. Sedikit menyampaikan juga, beberapa minggu terakhir kami dari PMI Tomohon kesulitan mendapatkan stok darah segar di daerah Tomohon dan Minahasa,” ungkap Malonda.

“Dalam kegiatan ini, selain donor darah juga diperbolehkan untuk malakukan cek kesehatan gratis. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial dan membantu orang yang membutuhkan donor darah,” tutup Malonda.

Senada disampaikan Mario Tiauw, mantan Ketua Mapala Technology saat hadir dalam kegiatan. Ia mengatakan kegiatan aksi donor darah yang diselenggarakan saat ini merupakan program kerja dari Mapala Technology, dan juga merupakan komitmen dalam wujud aksi sosial kemanusiaan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pendonor yang telah sukarela mendonorkan darahnya pada kegiatan ini,” tandasnya.

Turut hadir, Wakil Rektor III Universitas Negeri Manado, Dr. Donald Ratu, M.Hum., Dekan Fakultas Teknik, Dr. Djubir R. E. Kembuan, M.Pd., Wakil Dekan III Fatek, Dr. Christine Manoppo, M.A.P., Ketua Senat Unima, Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si., anggota Mapala Technology, dan organisasi kemahasiswaan internal Fakultas Teknik.(Reinhard Loris)