Gelar Rakorevbang, Pemkot Tomohon Koordinasikan Kegiatan Dekonsentrasi

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pembangunan (Rakorevbang) Kota Tomohon, Jumat (2/10), bertempat di Anugerah Hall Tomohon.

Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman, S.E. Ak, CA., mengingatkan nantinya dalam Rakorevbang ini nantinya akan membahas tentang koordinasi pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan lingkup kota Tomohon, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2006 tentang tata cara pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan agar melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan.

“Supaya dapat dikelola secara efisien, efektif, transparan, akuntabel dan responsif, merespon kondisi ekonomi makro daerah dan dampak pandemi Covid-19. Serta mengidentifikasi permasalahan dan alternatif solusi, dalam pencapaian target pembangunan daerah sesuai
dengan kondisi riil,” katanya.

Eman berharap, melalui rapat koordinasi ini terjalin dialog antara narasumber dan peserta, untuk membahas permasalahan dan alternatif solusi yang terkait dengan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di kota Tomohon lewat APBN, berupa dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan serta pembangunan yang dibiayai oleh APBD.

“Sehingga perencanaan pembangunan harus dapat meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas
pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah,” ujar Wali Kota.

Ia menambahkan juga agar bisa mencapai berbagai aspek, baik pencapaian pembangunan secara fisik maupun non fisik.

Serta berbagai prestasi yang telah direngkuh bersama menjadi kebanggaan pemerintah bersama elemen masyarakat, karena kerja, karya dan kekompakan bersama untuk mensejahterakan kota Tomohon,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga Pemkot Tomohon mengadakan pakta integritas bersama Polres Tomohon, serta  penyerahan ijazah paket C.

Diketahui, tampak hadir para narasumber yakni, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK., M.H., Dandim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Herberth Andi Amino, Sinaga S.IP., Ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy Sundah, S.E., mewakili Kajari Tomohon Andi Usmana Harun, S.H., M.H., Ketua KPU Kota Tomohon Drs. Haryanto Lasut, M.AP., Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan, S.Pd., M.Hum., Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang, M.Sc., M.Th., serta para peserta dari jajaran Pemkot Tomohon dan hadirin undangan. (Anugrah Pandey)